Sukses

Asnawi Mangkualam Dapat Julukan Park Ji-sung Indonesia, Semoga Fans MU Bisa Terima

Usai Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam memperpanjang kontrak dengan Ansan Greeners.

Liputan6.com, Jakarta Bek kanan andalan timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu, Asnawi Mangkualam, akhirnya memperpanjang kontrak dengan klub K-League, Ansan Greeners. Dalam pengumuman resminya, klub yang bermain di Liga 2 Korea Selatan tersebut juga menjuluki Asnawi sebagai Park Ji-sung Indonesia. 

"Ansan Greeners FC (pemilik Hwa-seop Yoon) memperbarui kontrak dengan 'Park Ji-sung Indonesia' Asnawi Mangkualam Bahar (22 tahun)," tulis Anshan dalam keterangan resminya di situs resmi klub. 

Dalam keterangan resmi itu disebutkan bahwa Asnawi merupakan pemain Indonesia pertama yang bermain di Liga Korea. Dia bergabung dengan Ansan Greeners pada Januari tahun lalu. Selama memperkuat Anshan, pemain berusia 22 tahun tersebut berhasil menorehkan satu gol dan dua assist.

"Jiwa kepemimpinannya memungkinkan untuk memahami alasan pelatih Shin Tae-yong menunjuknya sebagai kapten timnas senior dan memberi kepercayaan penuh kepadanya," tulis Anshan. 

Asnawi sebenarnya merupakan wakil kapten di Timnas Indonesia. Hanya saja, pada Piala AFF 2020 lalu, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong belakangan lebih sering membangkucadangkan kapten Evan Dimas. Walhasil, Asnawi pun lebih banyak menyandang ban kehormatan itu sepanjang turnamen. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penuh Pertimbangan

Perpanjangan kontrak Asnawi bersama Anshan Greeners sebenarnya tidak berjalan mulus. Kesepakatan kedua pihak sempat tertunda dan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. 

Hanya saja sejumlah pertimbangan telah dilakukan oleh manajemen untuk mempertahankan Asnawi, termasuk peningkatan jumlah followers klub di media sosial. Menurut Anshan, pengikut mereka yang awalnya hanya 5000 kini membengkak menjadi 77 ribu followers sejak kehadiran Asnawi di tim. 

"Saya mengenal Asnawi dengan baik," ujar pelatih baru Ansan, Jo Min-guk.

Meski baru menangani Ansan, Min-guk mengaku sudah mengenal Asnawi. Dia terkesan dengan penampilan Asnawi pada pertandingan Ansan Greeners melawan Daejeon tahun lalu. 

"Ada banyak kelebihan, tapi saya pikir masih banyak area yang harus diperbaiki. Tapi sekarang dia baru berusia 22 tahun, pemain muda. Dia adalah pemain dengan banyak potensi untuk berkembang di masa depan, jadi saya akan mempersiapkan diri dengan baik selama musim dingin sehingga Asnawi dapat menunjukkan semua kekuatannya di lapangan pada musim 2022,” Min-guk menambahkan. 

 

3 dari 4 halaman

Siapa Park Ji-sung?

Sementara itu, di balik pujian  Ansan kepada Asnawi, menyandang julukan Park Ji-sung Indonesia tentu tidak mudah. Seperti diketahui, Park Ji-sung merupakan gelandang pekerja keras yang pernah dimiliki timnas Korea Selatan. Namanya juga sangat dipuja fans Mancehster United atau MU. 

Di level timnas, Park Ji-sung sudah tiga kali tampil di Piala Dunia, yakni pada tahun 2002, 2006 dan 2010. Pada tahun 2022, Park Ji Sung bahkan ikut mengantar Korea Selatan finis di posisi keempat.

Sementara di MU, Park juga menorehkan tinta emas. Bersama skuat Setan Merah, dia sempat merasakan berbagai gelar juara, termasuk 4 trofi Premier League dan 1 trofi Liga Champions. 

 

4 dari 4 halaman

Komentar Asnawi

Tanpa embel-embel Park Ji-sung Indonesia, Asnawi sebenarnya sudah paham beratnya beban yang harus dipikulnya bersama Ansan. Apalagi, kompetisi yang diikuti lebih kompetitif dari di Indonesia.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ansan Club karena telah mengakui saya," kata Asnawi.

"Tahun ini Ansan Greeners akan melakukan yang terbaik untuk promosi dengan meraih hasil terbaik sejak klub didirikan. Sebagai pemain Indonesia yang pertama kali masuk K-League, saya ingin menjadi contoh yang baik bagi pemain Indonesia untuk maju ke K-League. Perpanjangan kontrak ini akan membantu tim untuk menjadi lebih baik, dengan penampilan yang lebih baik di musim 2022.” 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini