Sukses

BRI Liga 1 2021/2022 Bakal Dihadiri Penonton, Simak Syarat untuk Bisa Masuk ke Stadion

BRI Liga 1 2021/2022 bersiap menyambut kehadiran penonton di dalam stadion.

Liputan6.com, Jakarta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) bersiap menyambut kehadiran penonton pada pertandingan BRI Liga 1 2021/2022. Uji coba ini tetap mengacu kepada panduan yang diberikan oleh pemerintah. 

Menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 01 tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali, disebutkan kalau uji coba hanya dilakukan  satu pertandingan dalam seminggu. Untuk umlah penonton juga dibatasi, yaikni 25 persen dari kapasitas stadion atau maksimal 5000 orang. Sementara kriteria penonton yang boleh hadir hanya mereka yang tergolong kategori hijau pada aplikasi PeduliLindungi. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan pihaknya sangat mendukung kebijakan pemerintah tersebut. Menurut Iriawan, semua ketentuan tentang penyelenggaraan pertandingan sepak bola, akan selalu menyesuaikan dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah.

“Kami selalu patuh dan taat pada ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Termasuk dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola Liga 1 yang rencananya akan dihadiri oleh penonton. Detail yang akan ditentukan dalam rencana tersebut, juga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang terbaru,” kata Mochamad Iriawan seperti dilansir dari situs resmi PT LIB, Kamis (6/1/2022).

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita juga menginformasikan, pihaknya jauh hari telah merencanakan untuk menyelenggarakan pertandingan dengan penonton terbatas pada penyelenggaraan Seri 4 BRI Liga 1 2021/2022. Dalam hal ini, LIB juga sudah membuat peraturan khusus untuk penonton atau pendukung tim yang bisa masuk ke dalam stadion. Peraturan itu, kata Akhmad Hadian Lukita, juga sudah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah.

“Beberapa peraturan yang wajib dipatuhi contohnya penonton harus sudah melakukan tes swab antigen dengan hasil negatif dan sudah masuk dalam aplikasi PeduliLindungi. Penonton dan siapa pun yang bisa masuk ke dalam stadion, harus sudah mendapatkan vaksin dua kali. Tanpa kecuali,” ujar Akhmad Hadian Lukita.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mulai Pekan Depan?

Penggemar F1 itu juga menginformasikan, saat ini telah dimatangkan terkait sistem dan detail pengaturan rencana adanya penonton di stadion. Di antaranya tentang aplikasi yang dipakai, jumlah yang bisa hadir di stadion, sampai dengan pengaturan tempat penonton duduk di dalam stadion.

“Insya Allah pada pekan depan sudah ada penonton dalam pertandingan BRI Liga 1 2021/2022. Tentu dalam jumlah yang terbatas dan penerapan prokes yang ketat. Kami meminta dukungan semua pihak agar bisa patuh dan disiplin. Bagaimana pun ini merupakan hajatan kita bersama. Dibutuhkan tanggung jawab dan komitmen bersama untuk bisa memuluskannya,” ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Persaingan BRI Liga 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini