Sukses

Pratama Arhan Dilirik Sejumlah Klub Korea Selatan

Pratama Arhan rumornya dilirik oleh sejumlah klub di Liga Korea Selatan (K-League), usai dirinya tampil mengesankan di Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta Pemain bertahan Timnas Indonesia, Pratama Arhan, dirumorkan dilirik oleh sejumlah klub di Liga Korea Selatan (K-League), usai dirinya tampil mengesankan di Piala AFF 2020. Bahkan, media Korea juga memberitakan bahwa beberapa klub berlomba-lomba mengamankan tanda tangan Arhan.

Melansir dari salah satu media Korea Selatan, Footballist.co.kr, yang turut meramaikan adanya rumor Arhan tersebut. Bahkan, media itu menyebut ada beberapa klub K-League yang meminati jasa pemain berposisi bek kiri tersebut.

"Berbagai klub K-League menunjukkan minatnya buat bek kiri Indonesia, Arhan. Jika Arhan ke K-League, akan ada dua pemain Indonesia yang akan main di Korea pada musim 2022," tulis Footballist.

Sebelumnya, pemain asal Blora tersebut sempat dikaitkan dengan salah satu mantan klub Shin Tae-yong, Seongnam FC, yang bermain di kasta pertama K-League. Adapun Daejon Hana Citizen, klub kasta kedua Liga Korea Selatan, dikabarkan turut meminati Pratama Arhan.

Adanya Minat klub K-League kepada  Pratama Arhan sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu, tapi tidak terjadi karena memudarnya minat klub. Kemudian namanya kembali dipantau setelah Piala AFF 2020 disiarkan secara langsung di Korea Selatan melalui saluran televisi SBS.

"Arhan sudah diminati sejak tahun lalu. Tapi transfernya tak terwujud dan minat klub memudar. Akan tetapi, setelah dia main bagus di Piala AFF 2020 yang disiarkan di Korea, beberapa klub mulai mencari cara untuk mendekati klub Arhan, PSIS," tulis footballist menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selalu Tampil Impresif Bersama Timnas Indonesia

Mengisi sektor pertahanan sebelah kiri,  Pratama Arhan selalu menjadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong sejak persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala Dunia U-20 2021. Kemudian dirinya dipromosikan ke dalam skuad Timnas Indonesia senior hingga akhirnya kembali menjadi pemain utama skuad Garuda.

Pratama Arhan menjadi buah bibir publik sepak bola Tanah Air usai dirinya tampil impresif bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Ia telah mencatatkan enam penampilan dari delapan laga yang dilakoni Skuad Garuda.

Bahkan, pemain yang memiliki kelebihan berupa lemparan jauh ke dalam lapangan itu juga dinobatkan menjadi pemain muda terbaik pada gelaran turnamen tersebut, mengalahkan pemain timnas Indonesia lainnya.

Sejatinya, Arhan masih terikat kontrak dengan klub Jawa Tengah, PSIS Semarang, hingga 31 Desember 2022. Namun, presiden klub telah menegaskan bahwa klub bersedia melepas Arhan jika peminatnya dari klub luar negeri di luar Asia Tenggara.

Jika benar terealisasi, Arhan akan berpeluang menjadi pemain Indonesia kedua yang bermain di Liga Korea Selatan (K League), setelah Asnawi Mangkualam yang sebelumnya sudah terlebih dahulu. Asnawi berkiprah untuk Ansan Greeners pada tahun lalu.

 

3 dari 3 halaman

Agenda Padat Shin Tae-yong

- FIFA Matchday: 24 Januari - 1 Februari 2022

- AFF U-23 Kamboja: 14-26 Februari 2022

- FIFA Matchday: 21-29 Maret 2022

- SEA Games 2021 Vietnam: 12-23 Mei 2022

- FIFA Matchday: 30 Mei-14 Juni 2022

- Kualifikasi Piala Asia 2023 Cina: 8-14 Juni 2022

- FIFA Matchday: 19-27 September 2022

- Kualifikasi Piala Asia U-19: September-Oktober 2022

- Piala AFF 2022: Desember 2022

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.