Sukses

Sepintas Soal LTMPT, Lembaga yang Urus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk bagi para calon mahasiswa baru.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk bagi para calon mahasiswa baru. Empat asas LTMPT adalah adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Mengutip situs resminya, LTMPT.ac.id, LTMPT didirikan dengan tiga tujuan yakni melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil transparan, fleksibel efisien, dan akuntabel.

LTMPT juga bertujuan membantu perguruan tinggi mendapat calon mahasiswa berdasarkan tiga hal yakni nilai akademik, prestasi, atau SNMPTN.

Selain itu, LTMPT membantu memperoleh calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK saja atau UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, melalui jalur SBMPTN.

Untuk tes yang dilaksankan, LTMPT memilih metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pemilihan itu dilakukan agar tes bisa berlangsung objektif, adil dan akuntabel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibuka Hari Ini

Untuk tahun 2022, LTMPT akan mulai membuka pendaftaran akun pada Selasa (4/1/2022) hari ini. Proses pendaftaran akan terus berlangsung hingga 15 Februari 2022.

Para siswa yang ingin mendaftar dan memiliki akun LTMPT bisa mengunjungi situs https://portal.ltmpt.ac.id/. Akses situs tersebut dibuka pada 15.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Cara Mendaftar Akun LTMPT untuk Siswa

Buka laman portal.ltmpt.ac.id

1. Klik "Daftar di Sini" dan pilih menu "Siswa"

2. Masukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir

3. Masukkan email dan password

4. Klik "Daftar" dan akan muncul notifikasi aktivasi akun.

5. Buka inbox atau spam di email lalu lakukan aktivasi akun

6. Setelah akun diaktifkan, login-lah ke https://portal.ltmpt.ac.id/

7. Akan terdapat notifikasi jika akun LTMPT sudah berhasil aktifkan.

4 dari 4 halaman

Cara Mendaftar Untuk Sekolah

1. Masuk ke portal.ltmpt.ac.id

2. Pilih "Daftar di Sini" kemudian klik "Sekolah"

3. Masukkan NPSN dan kode registrasi Dapodik

4. Masukkan nama kepala atau operator sekolah, tanggal lahir, email aktif, dan kata sandi

5. Klik daftar dan nantinya akan muncul notifikasi registrasi dan aktivasi akun LTMPT

6. Buka email dengan alamat yang digunakan untuk mendaftar akun LTMPT, lalu cek email aktivasi akun di folder inbox atau spam, lalu aktifkan akun

7. Kemudian, sesudah akun aktif, masuklah ke laman https://portal.ltmpt.ac.id/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN, salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

    SNMPTN

  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PT
    Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PT

    SBMPTN

  • LTMPT

  • Adalah