Media Vietnam Soroti Gol Ricky Kambuaya di Leg Kedua Final Piala AFF 2020

Oleh Liputan6.com pada 02 Jan 2022, 15:46 WIB
Diperbarui 02 Jan 2022, 15:46 WIB
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya ketika mencetak gol ke gawang Timnas Thailand di final Piala AFF 2020.
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya ketika mencetak gol ke gawang Timnas Thailand di final Piala AFF 2020. (AFP/Roslan RAHMAN).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia harus puas menjadi runner-up Piala AFF 2020 usai kalah agregat 2-6 dari Thailand di final. Dalam leg pertama yang berlangsung pada Rabu (29/12/2021), Skuad Garuda kebobolan empat gol tanpa balas.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong cs bangkit dan memulai pertandingan leg kedua, Sabtu (1/1/2022), dengan apik. Pasukan Merah Putih bahkan unggul lebih dulu dengan 1–0 berkat gol dari Ricky Kambuaya pada menit ke-7.

Gol perdana Timnas Indonesia di gawang Thailand ini rupanya menjadi sorotan media Vietnam Soha.vn. Dalam laporannya yang diunggah pada Sabtu (1/1/2021) lalu, Soha.vn menyebut gol tersebut merupakan “hadiah tahun baru” untuk pasukan Merah Putih.

“Kiper Thailand membuat kesalahan konyol, (dengan) memberi kejutan ‘hadiah tahun baru’ ke Indonesia,” tulis Soha.vn dalam headline-nya.

“Bola itu nampaknya tidak berbahaya, tetapi penjaga gawang Timnas Thailand menanganinya dengan buruk. Ia tidak bisa menangkap bola, sehingga membiarkan bola itu melayang ke gawang,” sambung laporan tersebut.


Jalannya Pertandingan

Foto: Meski Puasa Gelar Berlanjut, Timnas Indonesia Tampil Membanggakan usai Imbangi Thailand 2-2 di Leg Kedua Final Piala AFF 2020
Perbesar
Timnas Indonesia baru berhasil menyamakan skor 2-2 pada menit ke-80. Gol penyeimbang dicetak Egy Maulana Vikri. (AP/Suhaimi Abdullah)

Gol Ricky Kambuaya sempat memberi angin segar buat Timnas Indonesia yang berada di posisi tertinggal. Namun, keunggulan ini hanya bertahan hingga turun minum. Tim Gajah Perang membalikkan keadaan lewat dua gol cepat Adisak Kraisorn (54') dan Sarach Yooyen (56').

Egy Maulana Vikri kembali mencetak gol penyeimbang di menit ke-80. Skor 2–2 tak berubah hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Hasil ini mengantar Timnas Thailand menumbangkan Indonesia dengan agregat 6–2 dan meraih gelar Piala AFF keenamnya.


Man of the Match

Aksi Ricky Kambuaya di Piala AFF 2020, Jenderal Lapangan Tengah Timnas
Perbesar
Daya jelajah yang tinggi membuat gelandang Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya menjadi salah satu pemain dengan menit bermain terbanyak bagi Indonesia. Penampilannya yang impresif dan tidak kenal lelah membuat Kambuaya jadi andalan pelatih. (Liputan6.com/IG/@pssi)

Ricky Kambuaya sukses didapuk sebagai Man of The Match dalam laga leg kedua final Piala AFF 2020, yang berlangsung di National Stadium, Singapura, pada Sabtu (1/1/2021).

Berbekal kemampuan dribel yang apik, Ricky menjadi jenderal di lapangan tengah skuad asuhan Shin Tae-yong. Ia juga berulang kali mendobrak lini tengah Thailand, hingga mencatatkan namanya di papan skor pada menit-menit awal leg kedua.


Berkarier di Luar Negeri

Usai tampil mengesankan di Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya mengaku siap jika diberi tawaran bermain di luar negeri. Menurutnya, peluang tersebut alam menjadi bekal dan catatan apik bagi karier sepak bolanya.

"Kalau memang saya dibawa Coach Shin Tae-yong ke luar, tentu sangat baik bagi karier saya, dan ada kemauan untuk itu (berkarier di luar negeri)," ujarnya dalam konferensi pers pasca laga leg kedua Final Piala AFF 2020 pada Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya