Sukses

Shin Tae-yong: Orang Mabuk Ganggu Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan kondisi kurang kondusif yang dihadapi anak asuhnya selama mengikuti Piala AFF 2020. Dia menyebut Evan Dimas dan kawan-kawan sempat terganggu orang mabuk.

Liputan6.com, Singapura - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan kondisi kurang kondusif yang dihadapi anak asuhnya selama mengikuti Piala AFF 2020. Dia menyebut Evan Dimas dan kawan-kawan sempat terganggu orang mabuk. 

Kondisi ini terjadi karena masyarakat umum bisa naik ke lantai hotel tempat Skuat Garuda menginap. Publik berpesta dan menenggak alkohol di akhir pekan.

"Ada pula banyak orang umum di lantai hotel tempat kami menginap. Ada pesta dan sangat berisik pada malam hari. Pada akhir pekan ada banyak orang mabuk," ujar Shin Tae-yong pada konferensi pers usai leg kedua final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1/2022).

"Dengan situasi pandemi, ke depannya harus ada perbaikan sehingga kami bisa fokus menghadapi pertandingan," sambungnya. 

Selain itu, Timnas Indonesia juga dirugikan dengan administrasi Piala AFF 2020 dengan larangan empat pemain untuk leg kedua final melawan Thailand. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hukuman Mendadak

Rizky Ridho, Elkan Baggott, Rizky Dwi Febrianto dan Victor Igbonefo tidak boleh merumput di Stadion Nasional, Sabtu (1/1/2022), karena melanggar protokol Covid-19.

"Sebelumnya terima kasih kepada Pemerintah Singapura karena menggelar Piala AFF 2020 di tengah pandemi. Namun administrasi ada banyak masalah," ujar Shin Tae-yong. 

Shin Tae-yong menyebut insiden itu terjadi pada 15 Desember 2021. Kubu Indonesia pun sudah menerima peringatan dan membayar denda. Namun, muncul kabar mendadak kalau kuartet itu tidak boleh beraksi.

"Baru pagi ini dikabarkan empat pemain tidak bisa turun, meski insiden ini terjadi sejak 15 Desember. Mereka keluar sebentar dari kamar karena sumpek. Mereka diberi penalti dan kami mendapat peringatan. Kami menerima itu," ungkap Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Leg Kedua

Skuat Garuda dalam posisi sulit usai kalah 0-4 pada leg pertama, Rabu (29/12/2021). Namun, timnas tampil spartan di pertandingan kedua dan memaksa Thailand bermain 2-2.

Ricky Kambuaya sempat membawa Indonesia memimpin di menit ke-7. Namun, Thailand membalikkan kedudukan selepas jeda lewat Adisak Kraisorn ('54) dan gol bunuh diri Asnawi Mangkualam ('56). Timnas menghindari kekalahan berkat gol Egy Maualana Vikri ('80).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.