Sukses

Hasil Babak Pertama Leg 2 Final Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Ungguli Thailand Berkat Ricky Kambuaya

Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Sabtu (1/1/2022). Kedudukan ini membuka kans Skuat Garuda mengejar defisit.

Liputan6.com, Singapura - Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Sabtu (1/1/2022). Kedudukan ini membuka kans Skuat Garuda mengejar defisit.

Ricky Kambuaya mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-7 pertandingan. Namun, Thailand untuk sementara masih unggul karena berjaya 4-0 pada leg pertama, Rabu (29/12/2021).

Thailand hampir kembali mencetak gol cepat pada awal final Piala AFF 2020 seperti leg pertama. Bordin Phala melakukan penetrasi dan dijatuhkan Asnawi Mangkualam di area terlarang, tapi wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Giliran Witan Sulaeman dijatuhkan Kritsada Kaman. Kembali pengadil laga mengabaikan. Tidak lama berselang, tendangan Ricky Kambuaya gagal diantisipasi sempurna kiper Siwarak Tedsungnoen. Bola lepas dan melewati garis gawang. Indonesia unggul di menit ke-7.

Thailand langsung membalas. Beruntung tendangan ganda Teerasil Dangda tidak berbuah gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Mengancam

Thailand mendapat tendangan bebas di area berbahaya. Tendangan Theerathon Bunmathan yang jadi eksekutor membentur tembok. Negeri Gajah Putih lalu mendapat dua tendangan penjuru beruntun. Dari situasi kedua, bola liar jatuh di kaki Supachok Sarachat. Beruntung tendangannya hanya mengenai mistar.

Pertahanan Indonesia lengah. Thailand mengambil tendangan bebas dengan cepat dan menemukan Thanawat Suengchitthawon. Tendangan jarak jauhnya masih bisa dimentahkan kiper Nadeo Argawinata.

Pertandingan berusia 30 menit. Thailand memperlambat tempo tapi sesekali melancarkan serangan berbahaya. Sementara Indonesia belum bisa memberikan ancaman berarti bagi Thailand.

Thailand mulai panik menghadapi tekanan timnas. Bordin Phala mendapat kartu kuning usai melanggar Ricky Kambuaya. Tendangan bebas Alfeandra Dewangga lalu berbuah sepak pojok. Laga bergulir dan menghasilkan lemparan ke dalam Pratama Arhan, yang membuat Siwarak Tedsungnoen kembali melakukan blunder.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Thailand (4-3-1-2): Siwarak Tedsungnoen; Pawee Tanthatemee, Narubadin Weerawatnodom, Kritsada Kaman, Theerathon Bunmathan; Sarach Yooyen, Bordin Phala, Thanawat Suengchitthawon; Chanathip Songkrasin; Supcahok Sarchat, Teerasil Dangda

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Ramai Rumakiek; Dedik Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.