Sukses

Shin Tae-yong Pastikan Posisinya di Timnas Indonesia Terlepas Hasil Final Piala AFF 2020

Shin Tae-yong memastikan dirinya bakal tetap mengisi jabatan pelatih di Timnas Indonesia, terlepas dari hasil Skuad Garuda di final Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan dirinya bakal tetap menangani Skuad Garuda, terlepas dari hasil yang dituai anak-anak asuhnya di final Piala AFF 2020.

Masa depan eks pemain Korea Selatan ini menjadi perbincangan warganet usai Asnawi Mangkualam cs kalah telak 0–4 dari Timnas Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020. Capaian itu memperkecil peluang Indonesia meraih gelar Piala AFF perdana edisi ini.

Tak hanya soal predikat, kegagalan Indonesia di final turnamen sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara juga dikhawatirkan bakal berpengaruh pada jabatan Shin Tae-yong sebagai pelatih.

Menanggapi situasi tersebut, Shin Tae-yong menegaskan dirinya telah dikontrak sebagai juru taktik Timnas Indonesia hingga 31 Desember 2023. Artinya, pelatih berusia 51 tahun ini bakal tetap menukangi Asnawi dan rekan-rekannya, meski gagal meraih trofi Piala AFF.

“Saya sudah kontrak oleh federasi sepak bola Indonesia (PSSI) sampai 31 Desember 2023. Mungkin para fans bisa saja tidak tahu, tetapi tidak usah khawatir karena tidak ada yang bisa memecat saya. Saya pun kalau mau mengundurkan diri, pasti ada denda (yang harus dibayar),” ujarnya dalam konferensi pers virtual pada Jumat (31/12/2021). 

 

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Penggemar

Lebih lanjut, Shin Tae-yong meminta para pecinta sepak bola Tanah Air untuk tidak mencemaskan jabatannya, tetapi berupaya mendukung perkembangan sepak bola Indonesia.

“Indonesia ini baru mulai (berkembang). Jadi, para penggemar Indonesia, jangan khawatir dan mohon dukungannya,” pungkas pelatih berusia 51 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Leg Kedua Final Piala AFF 2020

Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya bakal menghadapi leg kedua final Piala AFF 2020 pada Sabtu (1/1/2022) di National Stadium, Singapura. Laga ini bakal menjadi penentu tim yang berhak naik ke podium juara serta mengangkat trofi Piala AFF.

Shin Tae-yong mengakui anak-anak asuhnya memang butuh tambahan poin cukup banyak untuk bisa membalikkan keadaan. Meski demikian, pelatih berusia 51 tahun ini optimistis pasukan Merah Putih dapat meraih hasil positif di leg kedua.

“Thailand adalah tim hebat dan (dalam) pertandingan besok, (kami) tetap akan melawan tim yang berat. Akan tetapi, pikiran saya dan para pemain sama, bahwa besok (kami) pasti bisa mendapatkan kemenangan,” ujar Shin Tae-yong kepada awak media pada Jumat (31/12/2021).

 

Penulis: Melinda Indrasari

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.