Sukses

4 Pemain yang Berpotensi Jadi Pembeda di Leg 2 Final Piala AFF 2020: Timnas Thailand Vs Indonesia

Timnas Thailand akan bertemu Indonesia pada leg kedua babak final Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta Babak final Piala AFF 2020 tinggal menyisakan satu pertandingan lagi. Thailand untuk sementara memimpin jauh setelah berhasil mengalahkan Timnas Indonesia pada leg pertama dengan skor 4-0. 

Leg kedua masih tetap berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, pada Sabtu (1/1/2022). Ini menjadi partai hidup-mati bagi kedua tim sebelum memastikan siapa yang keluar sebagai juara. 

Pasukan Shin Tae-yong, butuh keajaiban setelah kalah telak di leg pertama. Sebaliknya, Gajah Perang hanya perlu menghindari kekalahan dengan margin 4 gol untuk menggenggam trofi musim ini. 

Namun seperti disampaikan Shin Tae-yong pada apapun masih bisa terjadi. Seperti pameo bola itu bulat, hasil akhir hanya ditentukan setelah peluit tanda pertandingan usai dibunyikan oleh wasit. 

Untuk itu, tidak ada pilihan bagi pelatih kedua tim sebelum menurunkan skuat terbaiknya dalam laga ini. Beberapa di antaranya juga kemungkinan bakal jadi pembeda dalam pertarungan terakhir nanti. 

Seperti dilansir dari situs resmi AFF Suzuki Cup, setidaknya ada empat pemain yang bakal jadi sorotan pada leg kedua final Piala AFF 2020. Siapa saja? Simak ulasannya di halaman selanjutnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pratama Arhan (Indonesia)

Nama Pratama Arhan tidak masuk dalam daftar susunan pemain saat Timnas Indonesia bertemu Thailand pada leg pertama Piala AFF 2020. Pemain PSIS Semarang itu absen akibat akumulasi kartu.

Posisi Arhan kemudian digantikan oleh Edo Febriansyah. 

Arhan selama ini merupakan andalan Shin Tae-yong di sisi kiri pertahanan Timnas indonesia. Selain kuat dalam bertahan, Arhan merupakan tipikal pemain yang rajin membantu serangan. Arhan juga memiliki tendangan yang akurat dan sangat nyaman dalam memegang bola.

Karena itu, kehadiran Arhan di leg kedua nanti berpotensi jadi pembeda bagi timnas Indonesia. 

3 dari 5 halaman

Theerathon Bunmathan (Thailand)

Sama halnya dengan Arhan, Theerathon yang menjadi andalan sisi kiri pertahanan Thailand juga tidak bisa tampil di leg pertama karena akumulasi kartu. Perannya kemudian digantikan Tristan Do.

Theerathon juga memiliki kemampuan bertahan yang mumpuni. Daya jelajahnya juga terbilang jauh. Tidak jarang, Theerathon membawa bola hingga garis pertahanan lawan untuk membantu serangan. 

Tristan Do yang dipercaya menggantikan Theerathon sebenarnya tidak tampil buruk di leg pertama. Namun kehadiran Theerathon pada leg kedua nanti bakal menyegarkan sektor kiri Gajah Perang. 

4 dari 5 halaman

Irfan Jaya (Indonesia)

Indonesia membutuhkan kemenangan dengan banyak gol saat bertemu Thailand di leg kedua. Untuk itu, peran penyerang-penyerang subur seperti Irfan Jaya sangat dibutuhkan skuat Garuda. 

Irfan saat ini sudah mencetak tiga gol dan masuk dalam persaingan top skor Piala AFF 2020. 

Irfan Jaya sudah absen mencetak gol dalam tiga laga terakhir. Kini pergerakannya di area penalti lawan sangat dibutuhkan untuk membantu Skuat Garuda memenangkan pertandingan melawan Thailand. 

 

5 dari 5 halaman

Teerasil Dangda (Thailand)

Teerasil saat ini masih memimpin papan top skor bersama rekan setimnya Chanatip Songkrasin. Keduanya sama-sama mengoleksi 4 gol sepanjang turnamen Piala AFF musim ini. 

Tambahan 4 gol membuat Teerasil menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala AFF. Total, pemain veteran itu sudah mengemas 19 gol mengalahkan legenda Singapura, Noh Alam Shah (17).

Namun Teerasil belum mencetak gol sepanjang fase knock out. Ambisi untuk meraih sepatu emas tentu membuat permainan Teerasil layak dicermati pada leg kedua nanti.   

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.