Sukses

Ayah Ungkap Rahasia 'Messi Thailand' Menggila saat Bertemu Indonesia

Timnas Indonesia kembali akan bertemu Thailand pada babak final Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta Chanatip Songkrasin menjadi pahlawan kemenangan Timnas Thailand saat bertemu Indonesia di leg pertama babak final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021). Dalam duel ini, pemain yang dijuluki 'Messi Thailand' tersebut mencetak dua gol untuk membantu Gajah Perang menang telak dengan skor 4-0. 

Dua gol lainnya dicetak Supachock Sarachat dan Bordin Phala. Berkat kemenangan ini, Thailand pun hanya perlu menghindari kekalahan dengan margin 4 gol pada leg kedua untuk merebut gelar juara. 

Ayah Chanatip, Kongphop Songkrasin, mengungkapkan alasan anaknya bisa menggila belakangan ini. Padahal sebelumnya sepanjang babak penyisihan, keran gol Chanatip Songkrasin terbilang mampet. 

Chanatip baru mulai mencetak gol saat timnas Thailand bertemu Vietnam di babak semifinal leg pertama. Dalam duel ini, Chanatip memborong 2 gol kemenangan Gajah Perang atas Golden Warriors. Hanya lewat dua laga, Chanatip pun kini masuk deretan top skor AFF 2020 dengan koleksi 4 gol. 

Menurut Konghop, Chanatip sempat kesulitan beradaptasi dengan cuaca panas Singapura. Apalagi Chanatip yang bermain di Consadole Sapporo datang dari negara Jepang yang sedang musim salju. Perubahan cuaca yang drastis membuat fisik Chantip sempat anjlok. Dia bahkan sempat mengalami demam selama 2-3 pertandingan sehingga sulit mengembangkan permainannya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Istirahat Lawan Singapura

Chanatip akhirnya diistirahatkan saat Thailand bertemu Singapura di laga terakhir Grup A. Setelah itu, kondisi fisiknya pun perlahan bangkit dan permainannya mulai menggila di atas lapangan. 

Korban pertamanya adalah Vietnam di leg pertama babak semifinal. Chanatip memberondong Golden Warriors dua gol dan membawa Thailand menang 2-0. Chanatip sebenarnya nyaris mencetak hattrick dalam duel ini. Hanya saja, tendangan penalti pemain bernomor 10 itu mampu dibendung kiper.

 

3 dari 4 halaman

Menggila di Fase Knock Out

Setelah bermain 0-0 pada leg kedua, Chanatip kembali mengamuk saat Thailand bertemu Indonesia di leg pertama babak final Piala AFF 2020. Gol cepat Chanatip pada menit kedua meghancurkan mental pasukan Shin Tae-yong. Chanatip kembali mencetak gol pada menit ke-52. Thailand pun berhasil mengunci leg pertama dengan kemenangan 4-0 berkat dua gol lainnya dari Supachock dan Phala.  

 

4 dari 4 halaman

Bakar Semangat

Konghop juga tidak lupa menyemangati putranya agar lebih berani melepaskan tembakan. 

"Anda harus banyak melepaskan tembakan. Anda berusia 28 tahun, jika Anda ingin berprestasi, Anda juga harus mencetak gol," kata Konghop menyemangati Chanatip seperti dilansir dari Thairat. 

Thailand kembali akan berhadapan dengan Indonesia pada leg kedua final Piala AFF 2020. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabut (1/1/2022). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.