Sukses

5 Pemain Thailand Paling Menonjol di Piala AFF 2020

Sederet pemain Timnas Thailand yang memiliki penampilan apik sepanjang jalannya kompetisi Piala AFF 2020

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Thailand kembali menunjukan keperkasaannya di Piala AFF 2020. Skuat Gajah Perang berhasil melaju ke partai puncak untuk kesembilan kalinya dari 13 edisi Piala AFF.

Dalam perjalanannya menuju final Piala AFF 2020, cacatan impresif turut menghiasi Timnas Thailand. Anak asuh Alexandre Polking ini tercatat belum pernah menemui satu pun kekalahan.

Dari enam pertandingan yang dilakoni, Timnas Thailand berhasil memetik lima kemenangan dan satu hasil imbang. Timnas Thailand juga baru satu kali kebobolan dan mencatatkan lima kali clean sheets.

Selain itu, Timnas Thailand memiliki akurasi operan di atas rata-rata dibanding peserta lainnya di Piala AFF 2020. Mereka tercatat memiliki akurasi operan hingga 84,10 persen.

Kegemilangan Timnas Thailand dalam mengarungi Piala AFF 2020 tak terlepas dari komposisi pemain yang laur biasa. Thailand dihuni oleh sederet pemain berpengalaman yang kaya akan prestasi,

Lantas, siapa saja pemain Timnas Thailand yang paling menonjol di ajang Piala AFF 2020? Simak ulasannya di halaman selanjutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Theerathon Bunmathan

Theerathon Bunmathan merupakan bek kiri modern yang dimiliki Timnas Thailand. Theerathon memiliki kemampuan daya jelajah tinggi dan kerap membantu lini serang Timnas Thailand.

Walau baru bermain di empat laga, Theerathon memiliki catatan apik. Ia berhasil menduduki peringkat ketiga dalam urusan menciptakan kans untuk mencetak gol. Tercatat, ada 11 peluang yang diciptakan Theerathon di Piala AFF 2020.

Selain itu, Theerathon turut menduduki peringkat kedua dalam urusan mengirimkan umpan. Sebanyak 27 umpan ciamik berhasil dilesatkan Theerathon di lini serang Timnas Thailand.

Keakuratan operan Theerathon juga tidak perlu diragukan kualitasnya. Ia memiliki jumlah operan akurat hingga 287 operan dan menjadikannya sebagai pemain terbaik dalam urusuan mengalirkan bola di Timnas Thailand.

3 dari 6 halaman

Manuel Bihr

Pemain keturunan Jerman-Thailand ini menjadi benteng kokoh di jantung pertahanan Timnas Thailand. Bihr selalu menjadi pilihan utama pelatih Alexandre Polking dalam enam laga terakhir.

Kehadiran Bihr juga menjadi salah satu alasan mengapa Timnas Thailand baru kebobolan satu angka. Sebab, pemain dengan tinggi 184 cm ini sukses mencatatkan rekor apik di lini pertahanan.

Bihr berhasil melakukan 19 clearances, 5 blocks, 2 interceptions, dan memiliki akurasi umpan hingga 86 persen. Alhasil, selain kuat dalam urusan bertahan, Bihr juga dapat diandalkan untuk membangun serangan dari lini belakang.

4 dari 6 halaman

Chanatip Songkrasin

Memiliki julukan Lionel Messi Thailand, Chanatip Songkrasin menjadi salah satu pemain berbahaya yang berada di skuat Gajah Perang. Kelincahan, kecepatan, serta penguasaan bola yang dimiliki Chantaip dinilai di atas rata-rata.

Pemain yang saat ini membela klub Hokkaido Consadole Sapporo ini tentunya bakal menciptakan berbagai peluang emas di lini serang Timnas Thailand. Terlebih, Chanatip merupakan motor serangan dalam urusan mengalirkan bola dari lini tengah ke lini depan.

Walau dinilai kurang maksimal dan baru bisa mencetak gol pada babak semifinal kontra Vietnam. Namun, pergerakan Chanatip tetap menjadi kunci utama Timnas Thailand dalam mengembangkan permainan.

5 dari 6 halaman

Teerasil Dangda

Penyerang kawakan Timnas Thailand, Teerasil Dangda menjadi tumpuan utama skuat Gajah Perang dalam urusan mencetak gol. Meski umurnya sudah menginjak usia 33 tahun, tetapi Teerasil Dangda tetap mencatatkan penampilan fantastis.

Ia tercatat menjadi pemain terbaik dalam urusan menendang bola ke arah gawang lawan. Teerasil Dangda berhasil melepaskan 19 tembakan dari lima penampilannya di Piala AFF 2020.

Selain itu, Teerasil Dangda juga menduduki puncak teratas pencetak gol terbanyak Piala AFF 2020. Bersama Safawi Rasid dan Bienvenido Maranon, Teerasil Dangda telah mencetak total empat gol.

6 dari 6 halaman

Narubadin Weerawatnodom

Mirip seperti Theerathon, Narubadin adalah seorang bek kanan modern yang dimiliki Timnas Thailand. Ia juga memiliki catatan impresif layaknya Theerathon di Piala AFF 2020.

Saaat ini, Narubadin menduduki peringkat teratas dalam urusan mencetak assist. Ia berhasil menorehkan tiga assist layaknya winger Timnas Indonesia, Witan Sulaeman.

Selain itu, ia telah menciptakan 9 peluang kans mencetak gol dalam lima penampilannya. 25 umpan terukur juga berhasil dilepaskan Narubadin ke jantung pertahanan lawan.

Sehingga, duet Narubadin di sisi kanan dan Theerathon di sisi kiri pertahanan Timnas Thailand menjadi kombinasi yang mematikan. Sebab, alur serangan tidak terfokus dari satu sisi saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.