Sukses

5 Pemain Timnas Indonesia Paling Bersinar di Piala AFF 2020

Indonesia sukses mengamankan tiket menuju final Piala AFF 2020 berkat kehadiran sejumlah penggawa hebat. Simak 5 pemain Indonesia paling bersinar di Piala AFF 2020 melalui artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia sukses mengamankan tiket menuju babak final Piala AFF 2020 usai menumbangkan perlawanan Singapura pada fase empat besar.

Berlaga di National Stadium Singapura pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021), Skuad Garuda bermain imbang 1–1 dengan The Lions pada leg pertama, serta unggul 4–2 di leg kedua.

Raihan ini membawa anak asuh Shin Tae-yong menang agregat 5–3 atas tuan rumah dan melangkah ke partai puncak bersama Thailand, yang masih menyandang predikat sebagai tim tersukses dalam sejarah Piala AFF.

Pasukan Merah Putih memang diketahui memiliki catatan apik di Piala AFF 2020. Sebelumnya, Timnas Indonesia berhasil keluar sebagai juara Grup B setelah mengantongi tiga kemenangan dan satu hasil imbang di babak penyisihan grup.

Skuad Garuda juga tercatat menjadi tim dengan jumlah gol terbanyak. Asnawi Mangkualam dan kolega telah mengoleksi 18 gol sepanjang pelaksanaan Piala AFF edisi ini. Menariknya, gol tersebut dibukukan oleh sepuluh pemain berbeda.

Keberhasilan Indonesia melangkah ke babak final dan menjadi tim paling produktif, tak lepas dari keberanian Shin Tae-yong menempatkan sejumlah pemain muda di Skuad Garuda untuk Piala AFF 2020.

Beberapa di antaranya bahkan sukses tampil gemilang dan bersinergi dengan pemain senior di turnamen ini. Simak 5 nama pemain Timnas Indonesia paling menonjol di Piala AFF 2020 pada halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Irfan Jaya

Irfan Jaya menjadi salah satu pemain Indonesia dengan penampilan paling mentereng di Piala AFF edisi ini. Pesepak bola yang memperkuat klub iuga 1 PSS Sleman ini kerap menjadi pilihan utama Shin Tae-yong.

Dari enam pertandingan yang dilakoni Indonesia sejak babak penyisihan hingga semifinal, Irfan telah lima kali turun sebagai starter. Ia bahkan mencetak brace dalam laga pamungkas kontra Malaysia dan membantu Skuad Garuda melangkah ke empat besar dengan status juara Grup.

Pemain berusia 25 tahun ini juga bertengger di peringkat lima besar daftar top skor sementara Piala AFF 2020, dengan catatan 3 gol di enam penampilan. Adapun, satu gol lainnya diperoleh ketika Indonesia menang 5–1 atas Laos di fase grup.

3 dari 6 halaman

2. Pratama Arhan

Pratama Arhan merupakan bek kiri asal Blora yang turut jadi kegemaran Shin Tae-yong. Wonderkid berusia 20 tahun ini telah lima kali turun sebagai starter sejak Indonesia berlaga di Piala AFF 2020.

Arhan juga beberapa kali mencatatkan namanya di papan skor, misalnya saat laga pamungkas penyisihan Grup B kontra Malaysia (’50), dan leg kedua semifinal melawan tuan rumah Singapura (’87).

Sayangnya, Pratama Arhan dipastikan absen dalam leg perdana final Piala AFF 2020 kontra Thailand, yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (29/12/2021), akibat akumulasi kartu kuning.

"Pratama Arhan terakumulasi di final leg pertama dan sudah diperbaiki. Dia mendapat kartu kuning karena penalti di menit akhir babak kedua," kata asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto, yang juga dikonfirmasi oleh Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual jelang laga, Selasa (28/12/2021).

4 dari 6 halaman

3. Asnawi Mangkualam

Tak kalah dari Irfan Jaya dan Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam juga sukses menunjukkan penampilan gemilang di Piala AFF edisi ini.

ari total enam laga yang dilakoni Indonesia sejak fase grup hingga semifinal, Asnawi selalu dipercaya untuk turun sebagai starter. Ia juga sukses membukukan satu gol dan satu assist kala berhadapan dengan Laos di babak penyisihan.

Dikutip dari Liputan6.com, Shin Tae-yong menyebut Asnawi memang memiliki bakat yang luar biasa. Ia bahkan tak segan-segan mengeklaim pemain berusia 22 tahun itu sebagai penggawa nomor satu di hatinya.

Meski demikian, Shin Tae-yong baru-baru ini melontarkan teguran pada Asnawi akibat aksinya yang dinilai mengejek pemain Timnas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Asnawi kala itu menggoda Faris Ramli karena gagal menunaikan tugasnya sebagai eksekutor penalti di laga tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto jadi pemain Indonesia lainnya yang cukup bersinar di Piala AFF 2020. Enam kali turun sebagai starter, Rachmat Irianto sukses mencetak brace di menit ke-4 dan ke-33 dalam laga penyisihan Grup B melawan Kamboja pada Kamis (9/12/2021).

Sayangnya, ia menjadi korban kemenangan Skuad Garuda dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura pada Sabtu (25/12/2021). Rian mengalami cedera dan terancam absen berlaga di final turnamen sepak bola se-Asia Tenggara tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Evan Dimas

Lebih senior dibanding empat pemain sebelumnya, Evan Dimas telah membuktikan kemapanan permainannya ketika membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Pemain berusia 26 tahun ini tercatat dua kali turun sebagai starter. Ia juga sukses membukukan dua gol, masing-masing dalam pertandingan melawan Kamboja (’17) serta Laos (’84) pada babak penyisihan grup B.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.