Sukses

Jadi Tim dengan Gelar Terbanyak, Ini Sederet Prestasi Thailand di Piala AFF

Thailand merupakan tim tersukses sepanjang sejarah pelaksanaan Piala AFF. Simak prestasi Tim Gajah Perang di turnamen bergengsi se-Asia Tenggara tersebut dalam artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Thailand sukses mengamankan langkahnya untuk melaju ke final Piala AFF 2020 usai menang agregat 2–0 atas Vietnam di semifinal.

Bertanding di National Stadium Singapura pada Kamis (23/12/2021) dan Minggu (26/12/2021), skuad asuhan Alexandre Polking mengemas dua gol pada leg pertama serta menahan imbang The Golden Star di duel kedua.

Capaian ini membawa Thailand bersua dengan Indonesia di partai puncak turnamen bergengsi se-Asia Tenggara tersebut. Skuad Garuda telah lebih dulu memastikan tempat di babak final setelah menang dramatis atas Singapura pada Sabtu (25/12/2021).

Adapun, Thailand hingga kini masih menyandang predikat sebagai tim dengan trofi terbanyak sepanjang sejarah pelaksanaan Piala AFF. Tim Gajah Perang telah delapan kali menembus final, dengan lima di antaranya berbuah gelar.

Tahun ini, wakil Negeri Gajah Putih kembali mengukuhkan dominasinya di kancah sepak bola Asia Tenggara dengan mengalahkan salah satu tim unggulan, yakni Timnas Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Juara Piala AFF

Thailand tercatat merengkuh gelar juara Piala AFF edisi 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016. Dari total kemenangan tersebut, tiga di antaranya diperoleh kala berhadapan dengan Indonesia di partai final, sementara dua lainnya didapat usai mengalahkan Malaysia.

Dalam final Piala AFF 2000, Thailand di bawah komando pelatih Peter Withe menang telak atas pasukan Indonesia. Berlaga di Stadion Rajamangala, Bangkok, Tim Gajah Perang berhasil menumbangkan Skuad Garuda dengan skor akhir 4–1.

Momen serupa kembali terulang di Piala AFF edisi 2002. Kala itu, pertandingan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Unggul lebih dulu berkat gol dari Chukiat Noosarung (‘26) dan Therdsak Chaiman (‘38), Thailand dipaksa bermain hingga perpanjangan waktu dan adu penalti oleh Skuad Garuda.

Meski demikian, Tim Gajah Perang kembali menunjukkan kemapanannya. Mereka menang dramatis atas Timnas Indonesia lewat adu penalti dengan skor akhir 2–4.

Empat belas tahun berselang, Thailand kembali berjumpa dengan Indonesia di babak final Piala AFF 2016. Kalah 2–1 pada leg pertama, wakil Negeri Gajah Putih sukses membalikkan keadaan dan menang agregat 3–2 atas Indonesia, dengan mencetak dua gol di leg kedua.

3 dari 4 halaman

Runner-up Piala AFF

Di sisi lain, Thailand telah tiga kali menjadi runner-up di ajang sepak bola Asia Tenggara ini. Raihan tersebut diperoleh di Piala AFF edisi 2007, 2008, dan 2012.

Thailand kalah agregat 2–3 dari Singapura pada 2007. Tim Gajah Perang merah hasil serupa kala bersua dengan Vietnam di final Piala AFF 2008. Pada 2012, Thailand kembali takluk dari The Lions dengan skor agregat 2–3.

4 dari 4 halaman

Thailand di Piala AFF 2021

Thailand yang ditukangi Alexandre Polking menjadi salah satu tim paling dominan di Piala AFF 2021. Pasalnya, skuad tersebut tak sekali pun mendulang kekalahan sejak babak penyisihan hingga semifinal.

Keluar sebagai juara Grup A, Thailand sukses menekuk Singapura, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste dalam fase penyisihan grup. Sementara itu pada semifinal, Thailand unggul 2–0 di leg pertama dan bermain imbang 0–0 di leg kedua.

Meski demikian, Tim Gajah Perang masih kalah tajam dibanding Skuad Garuda dari segi produktivitas gol. Pasukan Mano Polking baru mengoleksi 12 gol di Piala AFF edisi ini, terpaut enam angka dari Indonesia yang telah mencetak 18 gol dari enam pertandingan.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman
    Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman

    Timnas Thailand

  • Alexandre Polking adalah pelatih asal Brasil yang baru-baru ini menahkodai Timnas Thailand. Tepatnya pada bulan September 2021
    Alexandre Polking adalah pelatih asal Brasil yang baru-baru ini menahkodai Timnas Thailand. Tepatnya pada bulan September 2021

    Alexandre Polking

  • Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)
    Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)

    Final Piala AFF 2020

  • Piala AFF telah berlangsung sejak 1996 lalu dan telah digelar sebanyak 12 kali hingga saat ini.
    Piala AFF telah berlangsung sejak 1996 lalu dan telah digelar sebanyak 12 kali hingga saat ini.

    Final Piala AFF