Sukses

Piala AFF 2020: Menang Dramatis, Shin Tae-yong Soroti Kemampuan Antisipasi Set Piece Timnas Indonesia

Meski berhasil meraih kemenangan atas Singapura di semifinal Piala AFF 2020, Shin Tae-yong masih menyoroti kurangnya kemampuan antisipasi set piece Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sukses merebut tiket ke babak final, usai menang dramatis atas Singapura dalam pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Skuad Garuda mampu mengemas empat gol. Tiga di antaranya dicatatkan oleh Ezra Walian (’11), Pratama Arhan (’87), dan Egy Maulana Vikri (‘105+2). Sementara itu, satu lainnya merupakan gol bunuh diri dari Shawal Anuar (’91).

Laga antara kedua tim berlangsung alot sejak babak pertama. Pemain Indonesia lebih dulu mencatatkan namanya di papan skor. Akan tetapi, The Lions berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1–1 jelang turun minum.

Pada menit ke-74, tendangan bebas Shahdan Sulaiman berbuah gol. Anak-anak asuh Tatsuma Yoshida berbalik unggul 2–1 atas Indonesia. Skuad Garuda baru mampu membuat gol penyeimbang di menit ke-87 lewat Pratama Arhan.

Indonesia kembali memperlebar keunggulan atas Timnas Singapura kala perpanjangan waktu. Dua gol baru yang tercipta membuat Evan Dimas cs menutup laga dengan skor akhir 4–2.

Meski menang atas Singapura dan mengamankan tempat di babak final, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong nampaknya tak ingin berpuas diri. Pasalnya, ia menilai Skuad Garuda masih perlu berbenah dalam hal antisipasi set piece.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Shin Tae-yong

“Jujur, kedua tim bekerja sanga keras. Saya sudah bicara kepada para pemain sebelum pertandingan, bahwa Singapura sangat kuat dalam hal set piece, jadi saya meminta mereka untuk berhati-hati,” ujar Shin.

“Fakta bahwa kami kebobolan dua gol melalui set piece (dalam laga semifinal leg kedua) menjadi sesuatu yang perlu kami perbaiki,” sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut dalam dalam konferensi pers virtual pasca pertandingan, Sabtu (25/12/2021) malam WIB.

3 dari 4 halaman

Surga dan Neraka

Lebih lanjut, Shin Tae-yong menyebut bahwa pertandingan kontra Singapura bisa dianalogikan dengan perjalanan ke surga dan neraka. Pasalnya, pertandingan ini merupakan laga hidup mati yang menentukan keberhasilan Indonesia melangkah ke partai puncak Piala AFF.

Aksi kejar-kejaran skor yang dilakukan kedua tim juga menjadi sumber ketegangan selama jalannya pertandingan.

“Kami pergi ke surge dan neraka di saat yang sama sepanjang pertandingan. Jadi ini bukanlah laga yang mudah bagi kami,” beber Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Final

Indonesia selanjutnya akan menghadapi pemenang laga Vietnam vs Thailand di final Piala AFF 2020. Ini merupakan kali keenam bagi Skuad Garuda melangkah ke partai puncak turnamen bergengsi se-Asia Tenggara tersebut.

Adapun, final Piala AFF edisi ini dijadwalkan berlangsung pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022) di Stadion Nasional Singapura.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.