Sukses

Piala AFF 2020 Singapura vs Indonesia Imbang, Statistik Jadi Tanda Garuda Wajib Waspada

Timnas Indonesia waib waspada menghadapi Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Soalnya di beberapa sisi, Singapura lebih unggul.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan saat melawan Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (22/12/2021). Singapura berhasil imbangi Indonesia 1-1 di duel yang menegangkan selama 90 menit.

Indonesia seperti bakal tancap gas saat Witan Sulaeman cetak gol di menit ke-28. Meski begitu, Singapura tampil konsisten untuk menyerang.

Alhasil, Singapura berhasil cetak gol penyeimbang di menit ke-70 lewat Ikhsan Fandi. Pemain Singapura berhasil memanfaatkan celah pertahanan yang kosong di pertahanan Indonesia.

Dari 90 menit pertandingan, ada beberapa titik dimana Indonesia unggul. Berdasarkan statistik pertandingan yang dilansir situs AFF Suzuki Cup, Indonesia hanya unggul tipis dalam penguasaan bola yaitu 50,1 persen dibandingkan 49,9 persen.

Karena unggul tipis, serangan pun berhasil dilakukan kedua tim. Singapura malah tercatat punya keunggulan tembakan lebih unggul 33,3 persen dinbandingkan Indonesia 22,2 persen yang pantas jadi alarm bagi  indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Statistik Lain

 

Pada statistik lain, Indonesia memiliki jumlah tendangan sudut yang sama dengan Singapura yaitu 6. Meski begitu, Indonesia kalah dalam hal tendangan bebas yaitu 18 dibandingkan 15.

Lagi, ini jadi alarm bahaya bagi lini belakang Indonesia agar waspada dengan tembakan jarak jauh Singapura. Selain itu, Indonesia juga harus efektif saat menyerang karena tercatat 3 kali offside dibandingkan Singapura yang tidak sekalipun.

Untunglah, akurasi umpan Indonesia cukup bagus karena unggul 74,6 persen dibandingkan 65,9 persen Singapura. Ini bisa jadi modal bagi Indonesia dalam menekan Singapura.

 

3 dari 4 halaman

Pertahanan

 

Sinyal bahaya juga dilihat dari sisi pertahanan. Banyaknya tembakan yang dilepas Singapura membuat Indonesia harus melakukan blok sebanyak empat kali.

Dua diantaranya ditepis oleh kiper Nadeo Argawinata. Dalam hal bertahan, Indonesia melakukan pelanggaran lebih banyak yaitu 18 kali dibandingkan Singapura 16 kali.

4 dari 4 halaman

Jadwal Semifinal

Sabtu, 25 Desember 2021

19.30 WIB Indonesia vs Singapura

Live: Vidio

Venue: National Stadium, Singapura

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.