Sukses

Timnas Indonesia vs Singapura di Semifinal Piala AFF 2020, Evan Dimas cs Diminta Hindari Kartu Kuning

Timnas Indonesia menjadi tim yang paling banyak mendapatkan kartu kuning selama fase penyisihan grup Piala AFF 2020, yakni sembilan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta Evan Dimas cs untuk sebisa mungkin tidak mendapatkan kartu kuning selama semifinal Piala AFF 2020. Skuat Garuda bakal menghadapi Singapura pada perebutan tiket ke final.

Leg pertama semifinal Piala AFF akan dimainkan di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12/2021) pukul 19:30 WIB. Sementara leg kedua digelar tiga hari kemudian di tempat yang sama.

"Para pemain harus lebih berhati-hati terhadap kartu kuning," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta.

Evan Dimas cs menjadi tim yang paling banyak mendapatkan kartu kuning selama fase penyisihan grup.Total, skuat Garuda mengoleksi sembilan kartu kuning dengan Ramai Rumakiek sebagai pemain terbanyak mendapatkannya, yakni dua kali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gaya bermain

Shin Tae-yong menilai banyaknya kartu kuning tidak lepas dari gaya permainan Timnas Indonesia. Di Piala AFF 2020, skuat Garuda sering menampilkan taktik menekan lawan sejak lini depan dengan tujuan mendapatkan bola secepat mungkin.

Inilah yang membuat adu tubuh tidk terhindarkan sehingga beberapa di antaranya berujung pada pemberian kartu kuning oleh wasit. "Pemain mendapatkan kartu kuning karena mereka bekerja keras di lapangan. Meski demikian, ada juga yang karena keputusan (wasit-red) yang kurang memuaskan," tutur Shin. 

3 dari 3 halaman

Waspada

Shin Tae-young juga meminta Timnas Indonesia untuk mewaspadai status tuan rumah Singapura. "Singapura lebih diunggulkan karena mereka tuan rumah penyelenggara turnamen," ucapnya

"Jadi kami harus berjuang lebih keras agar mendapatkan hasil yang bagus," tambah Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga menganggap pertndingan ini seperti laga final. "Semua laga seperti final bagi kami. Pemain mesti melakukan semua sesuai rencana dan bekerja keras," tegas Shin Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.