Sukses

Piala AFF 2020: Pelatih Singapura Sudah Mengetahui Kelemahan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Singapura di babak semifinal Piala AFF 2020. Menjelang pertandingan itu, Tatsuma Yoshida selaku pelatih Timnas Singapura sangat percaya diri, bahkan dirinya sudah mengetahui titik lemah Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Singapura di babak semifinal Piala AFF 2020. Menjelang pertandingan itu, Tatsuma Yoshida selaku pelatih Timnas Singapura sangat percaya diri, bahkan dirinya sudah mengetahui titik lemah Timnas Indonesia.

Dilansir dari media Vietnam, Zingnews, Tatsuma mengakui Timnas Indonesia tampil apik sepanjang babak penyisihan. Menurutnya, Indonesia sangat impresif ketika melakukan serangan dan juga bagus dalam pertahanan.

Selain itu, juru taktik Timnas Singapura juga mengakui bahwa para pemain Timnas Indonesia memiliki semangat yang tinggi ketika berada di lapangan, mereka terus berjuang dan berlari tanpa henti ketika bertanding.

“Tim Indonesia bermain sangat impresif dalam bertahan. Saya tidak keberatan jika mereka bermain seperti pertandingan melawan Vietnam. Pertahanannya dalam dan terkadang menemukan peluang untuk melakukan serangan balik,” kata Tatsuma saat konferensi pers, dikutip dari Zingnews.

“Mereka benar-benar bermain keras melawan Vietnam. Semangat tidak menyerah. Pemain Indonesia juga sangat kuat, mereka hampir tidak berhenti berlari di lapangan,” sambungnya menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telah Menemukan Kelemahan Timnas Indonesia

Meski begitu, pelatih berusia 47 tahun tersebut tidak terlalu khawatir. Bahkan, dirinya mengaku telah menemukan kelemahan skuat Garuda dan telah menyiapkan strategi khusus untuk meraih kemenangan.

“Saya telah membuat rencana khusus. Saya menemukan titik lemah dan memiliki solusi untuk mengatasi gaya permainan Indonesia,” ujar Tatsuma.

“Saya tidak mau mengungkapkan lebih banyak, hanya saja kami akan mencoba membatasi kesalahan dan mengalahkan Indonesia dengan permainan tim. Situasi juga bisa menjadi bagian dari solusi,” pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Catatan Buruk Timnas Indonesia di Piala AFF Kala Bersua Singapura

Singapura merupakan salah satu tim yang patut diwaspadai di kawasan Asia Tenggara. Sepanjang gelaran Piala AFF diselenggarakan, The Lions sukses meraih gelar juara sebanyak empat kali pada turnamen tersebut.

Mengutip catatan 11v11, Timnas Indonesia telah bertemu dengan Singapura sebanyak 59 kali disemua ajang. Hasilnya, Indonesia mampu memenangkan 30 pertandingan, 18 kali kalah, dan 11 pertandingan berakhir imbang.

Meski demikian, timnas Indonesia memiliki catatan yang kurang bagus saat berhadapan dengan Singapura dalam Piala AFF atau yang dulu dikenal dengan Piala Tiger.

Dari sembilan pertemuan keduanya di Piala AFF, Indonesia tercatat hanya mampu meraih tiga kemenangan, dua imbang, dan empat kekalahan saat bersua dengan Singapura.

Pertemuan terakhir antara kedua negara terjadi di fase grup Piala AFF 2018. Pada pertandingan yang juga berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, saat itu Indonesia harus kalah oleh tuan rumah dengan skor 0-1.

 

4 dari 4 halaman

Head to Head Indonesia vs Singapura di Piala AFF

03/09/98 Indonesia v Singapura 1-2

07/12/04 Indonesia v Singapura 0-0

08/01/05 Indonesia v Singapura 1-3

16/01/05 Singapura vs Indonesia 2-1

17/01/07 Singapura vs Indonesia 2-2

09/12/08 Singapura vs Indonesia 2-0

28/11/12 Indonesia vs Singapura 1-0

25/11/16 Singapura vs Indonesia 1-2

09/12/18 Indonesia vs Singapura 0-1

Total Main: 9 pertandingan

Indonesia Menang: 2 kali

Indonesia Kalah: 5 kali

Imbang: 2 kali

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.