Sukses

Piala AFF 2020: Hadapi Semifinal, Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia Tidak Lengah

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap anak-anak asuhnya tidak lengah kala menghadapi Singapura di semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021) mendatang

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap anak-anak asuhnya tidak lengah kala menghadapi partai semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021) di Stadion Nasional Singapura.

Pasalnya, Shin Tae-yong menilai Timnas Singapura memiliki kualitas permainan yang apik di Piala AFF. Meski kalah 0–2 dari Thailand di laga pamungkas penyisihan grup A, skuad tuan rumah tampil gemilang ketika bersua dengan Myanmar dan Filipina.

“Saya merasa Singapura adalah tim yang bagus, terutama saat melawan Filipina dan Myanmar, jadi kami tidak boleh lengah,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual pra pertiandingan pada Selasa (21/12/2021).

“Satu persen pun kami tidak boleh lengah, saya tegaskan kepada para pemain bahwa Singapura memang tim yang baik,” sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Singapura mengakhiri fase penyisihan grup Piala AFF 2020 dengan status runner up usai memetik tiga kemenangan atas Timor Leste, Myanmar, dan Filipina. Oleh karenanya, The Lions dijadwalkan bersua dengan juara grup B, Indonesia, di partai semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa Indonesia

Di sisi lain, Shin Tae-yong juga memuji performa Skuad Garuda. Ia menilai, Evan Dimas cs telah mengikuti instruksi dengan baik serta tampil maksimal di laga-laga sebelumnya. Hal inilah yang membawa Indonesia keluar sebagai juara grup B, mengungguli sang juara bertahan Vietnam.

“Para pemain memang mengikuti (instruksi) dengan baik dan melakukan permainan yang baik. Oleh karena itu, kami dapat peringkat satu di penyisihan grup,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/12/2021).

“Lawan kami Singapura ini memang punya kelebihan. (Mereka) lebih unggul karena host (tuan rumah) saat ini, jadi kami harus melakukan permainan yang lebih baik lagi agar bisa mendapatkan hasil yang baik,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Semifinal

Selain Indonesia dan Singapura, partai semifinal Piala AFF 2020 juga akan mempertemukan Vietnam dan Thailand. Berlangsung dalam dua leg, laga kedua tim unggulan tersebut akan dihelat pada Kamis (23/12/2021) dan Minggu (26/12/2021) di Stadion Nasional Singapura.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.