Sukses

Digusur Napoli, AC Milan Kecewa Berat Keputusan Kontroversial VAR

Keputusan VAR membuat AC MIlan gagal bermain imbang dengan klub rival dalam perburuan gelar Liga Italia, Napoli.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih AC Milan Stefano Pioli kecewa berat usai timnya dikalahkan Napoli pada pertandingan pekan 18 Liga Italia, Senin (20/12/2021) dinihari WIB. Pasalnya, gol gelandang Franck Kessie di menit akhir laga dibatalkan VAR karena off-side.

Dengan hasil ini Napoli naik ke urutan kedua klasemen Liga Italia. Kekalahan ini membuat AC Milan turun ke posisi tiga klasemen dengan 39 poin. Milan digesar Napoli yang unggul selisih gol.

Insiden itu berlangsung pada menit ke-90, saat Milan sudah kehabisan ide. Kessie yang sudah melakukan selebrasi harus kecewa setelah VAR menganulirnya karena offside.

Wasit Davide Massa diminta oleh VAR untuk melihat lagi kejadiannya dari monitor sisi lapangan. Dia memutuskan bahwa pemain pengganti Giroud berada dalam posisi offside.

"Saya tahu mereka akan mengatakan bahwa peraturan telah diterapkan, tetapi bagaimana mungkin seorang pemain yang terbaring di lapangan dapat merusak lawan?" Pioli mengatakan kepada DAZN.

"Tidak mungkin dia menghalangi (bek) Juan Jesus. Kaki Olivier Giroud Omelebar, dia mencoba segalanya untuk menyingkir."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berpeluang

Pada pertandingan itu, gelandang Napoli Eljif Elmas mencetak apa gol pada menit kelima. Sundulannya di tiang dekat memperdaya kiper AC Milan.

AC Milan menaruh kepercayaan pada pemain tua Zlatan Ibrahimovic dan Olivier Giroud sebenarnya sudah berupaya keras mencari gol penyeimbang. Bahkan, Ibrahimovic berpeluang menemukan gol penyeimbang di pertengahan babak pertama dan sesaat setelah turun minum.

3 dari 5 halaman

Senang

Di ssi lain, manajer Napoli Luciano Spalletti menyatakan kegembiraannya usai laga. “Yang benar-benar membuat saya senang adalah kami tidak terlalu dalam sampai lima menit terakhir, kami menjaga keseimbangan bahkan setelah memimpin,” kata Spalletti kepada DAZN.

"Menjadi sulit di menit-menit akhir ketika Olivier Giroud menambahkan kehadirannya pada fisik Zlatan Ibrahimovic. Tapi kami memiliki peluang untuk unggul 2-0 dan kami bermain seperti tim hebat melawan lawan yang hebat."

4 dari 5 halaman

Tak Konsisten

AC Milan dan Napoli tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan liga pembuka mereka musim ini. Namun, penampilannya yang tak konsisten membuat kedua ini telah membuka pintu bagi Inter Milan menyalip mereka.

Inter Milan kini dipastikan menjadi juara musim dingin di Italia usai mereka berada di puncak klasemen sementara dengan keunggulan empat poin dari Milan dan Napoli sebelum liburan Natal.

5 dari 5 halaman

Peringkat

Inter memiliki 43 poin dari 18 pertandingan setelah mengalahkan Salernitana 5-0 pada Jumat lalu. Napoli dan Milan berada kedua dan ketiga dengan raihan 39 angka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.