Sukses

Legenda Timnas Vietnam Sebut Trofi Piala AFF 2020 Bukan untuk Timnas Indonesia

Bukan Indonesia, Legenda Timnas Vietnam Huynh Quang Thanh yakin pemenang semifinal Vietnam vs Thailand akan menjadi tim yang menyabet trofi Piala AFF edisi ini.

Liputan6.com, Jakarta Legenda Timnas Vietnam Huynh Quang Thanh nampaknya tak yakin Indonesia mampu keluar sebagai juara Piala AFF 2020. Dikutip dari Soha.vn, Huynh Quang Thanh percaya, pemenang laga Vietnam vs Thailand-lah yang akan merebut trofi edisi ini.

“Saya menganggap kedua pasangan semifinal relatif imbang. Tentu saja Vietnam–Thailand masih lebih baik, dan saya pikir, tim yang memenangkan semifinal ini akan dinobatkan sebagai juara,” ujar mantan pemain berusia 37 tahun ini.

“Kalau menang atas Thailand (di semifinal), Vietnam pasti menang (menjadi juara), sebab mereka bisa menang atas Indonesia atau Singapura saat bertemu di partai final,” sambung Huynh Quang Thanh, seperti dilansir dari Soha.vn.

Timnas Indonesia baru saja memastikan langkahnya ke semifinal Piala AFF 2020 usai menumbangkan Malaysia dalam laga terakhir penyisihan Grup B yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura pada Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Skuad asuhan Shin Tae-yong mengakhiri pertandingan pamungkas dengan skor 4–1 sekaligus meraih predikat juara grup. Sementara itu, The Golden Star yang menang atas Kamboja, keluar sebagai runner up akibat kalah selisih gol dari Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Ragu

Meski menang cukup jauh dari Malaysia, Huynh Quang Thanh masih meragukan kemampuan Skuad Garuda. Ia mengaku terkejut ketika Timnas Indonesia mampu membalikkan keadaan kala berjumpa dengan Malaysia di fase grup.

“Secara pribadi, saya masih mengesampingkan Indonesia. Saya terkejut ketika mereka tiba-tiba bermain lebih baik dan memiliki gol yang bagus dalam pertandingan melawan Malaysia,” ungkapnya dalam Soha.vn.

3 dari 4 halaman

Menjagokan Singapura

Lebih lanjut, Huynh Quang Thanh juga nampaknya lebih menjagokan Singapura untuk bertemu Vietnam atau Thailand di partai final. Menurutnya, tim tuan rumah tampil apik di tiga laga pertama dan memiliki sejumlah keunggulan.

“Saya rasa jika Indonesia bermain seperti itu, Singapura tidak akan keberatan (untuk menyingkirkannya). Intinya, Singapura masih tampil cukup baik di tiga pertandingan pertama, hanya kalah saat bertemu Thailand.”

“Adapun Singapura memiliki keunggulan sebagai tuan rumah, serta punya banyak pemain kuat dan cepat dalam skuad,” pungkas Huynh Quang Thanh.

4 dari 4 halaman

Performa Timnas Indonesia

Terlepas dari komentar tersebut, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku senang dengan performa Timnas Indonesia dalam pertandingan kontra Malaysia. Menurutnya, para pemain telah bekerja keras hingga berhasil mencetak empat gol ke gawang lawan.

“Pemain hari ini bekerja keras dan mencetak banyak gol ke gawang Malaysia. Saya mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada para pemain Timnas Indonesia,” ujar sang pelatih pasca pertandingan.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.