Sukses

Timnas Indonesia Singkirkan Malaysia di Piala AFF 2020, Media Korsel Sebut Shin Tae-yong Ajaib

Shin Tae-yong sukses mengantar Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 usai mengalahkan Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan Timnas Indonesia atas Malaysia di babak penyisihan grup  B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021) tidak hanya jadi perhatian insan di Tanah Air saja. Media asal Korea Selatan juga ikut menyoroti keberhasilan pasukan Shin Tae-yong melaju ke babak semifinal turnamen dua tahunan itu. 

Timnas Indonesia tidak hanya berhasil menghancurkan Malaysia di National Stadium, Singapura. Kemenangan 4-1 atas Harimau Malaya sekaligus mengantar Indonesia sebagai juara grup B. 

Timnas Indonesia memimpin dengan 10 poin atau unggul selisih gol atas Vietnam yang di laga terakhir juga sukses menekuk Laos. Di babak selanjutnya, Indonesia akan bertemu Singapura dalam 2 leg. 

Keberhasilan timnas Indonesia melewati babak penyisihan grup tidak hanya ramai dibicarakan di Tanah Air saja. Media Korea Selatan juga ternyata memberi perhatian. Maklum kemenangan atas timnas Malaysia tentu tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin, pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. 

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keajaiban Duo Pelatih Korsel

Kebetulan, Shin Tae-yong juga bukan satu-satunya pelatih Korsel yang bakal tampil di semifinal Piala AFF 2020 nanti. Park Hang-soe yang menangani Vietnam juga sukses meloloskan timnya. Namun sebagai sebagai runner up grup, timnas Vietnam bakal bertemu juara grup A, yakni Thailand. 

"Keajaiban Shin Tae-yong dan Park Hang-seo masih terus berlanjut. Keduanya berhasil melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara grup dan runner up," tulis media koran Korsel, Chosun. 

Keajaiban menjadi kata yang dipilih oleh Chosun sejak awal mereka memberitakan perjalanan ShinTae-yong dan park Hang-seo mengingat keduanya terbilang baru dengan sepak bola Asia Tenggara. Tidak hanya Chosun, sejumlah media ternama Korsel lainnya juga ikut menyoroti kiprah dua pelatih ini, termasuk Yonhap, Seoul Sports, Herald, Osen, dan sejumlah media Negeri Ginseng lainnya. 

 

3 dari 3 halaman

Bertemu di Final?

Tidak sedikit yang justru memprediksi, kedua pelatih akan kembali bertemu di babak final. 

"Jika Vietnam berhasil mengalahkan Thailand dan Indonesia menang atas Singapura, kedua pelatih akan kembali bertemu di final Piala AFF 2020. Mereka sebelumnya sudah dua kali bertemu. Di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Shin Tae-yong dan pemainnya kalah 0-4, tapi mereka kemudian berhasil menahan imbang Vietnam 0-0 pada pertemuan kedua (di Piala AFF)," tulis Herald.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.