Sukses

Sukses di ONE Championship, Eko Roni Bangun Fasilitas MMA Canggih di Samarinda

Eko Roni tak melupakan kampung halamannya setelah sukses menembus ONE Championship

Liputan6.com, Jakarta- Juara gulat Indonesia dan bintang kelas flyweight ONE Championship Eko Roni Saputra tak melupakan kampung halamannya. Eko berencana membangun pengembangan MMA di kampung halamannya Samarinda. 

Eko yang kini berusia 30 tahun adalah salah satu seniman bela diri paling berbakat dari Indonesia dan saat ini merupakan atlet MMA asal Indonesia yang Sukseskan berkarier do ONE Championship. 

Dia dibesarkan dalam lingkungan kemiskinan di Pulau Kalimantan tepatnya di Kota Samarinda. Ayahnya mengajarinya tinju disamping pekerjaanya sebagai penjual makanan laut (sea food) di pasar. Pada usia 5 tahun, Eko memilih seni bela diri sebagai jalan hidupnya yang kemudian mengubah seluruh kehidupannya hingga menjadi seperti sekarang.

Eko Roni Saputra mengatakan bahwa dia baru saja membeli sebidang tanah yang diperoleh dari penghasilannya sebagai seorang petarung MMA profesional dan rencananya akan digunakan untuk membangun serangkaian sasana (gym) khusus seni bela diri modern di kota kelahirannya.

“Saya berencana membangun MMA Center di Samarinda. Saya ingin ini menjadi tempat untuk menciptakan dan membina bintang-bintang masa depan Indonesia. Impian saya adalah membuat fasilitas yang besar dan modern, jadi ini adalah langkah pertama saya untuk mewujudkannya dan saya tidak ingin ini hanya menjadi sekedar gym biasa,” kata Eko seperti dilansir situs resmi ONE Championship. 

“Saya telah melihatnya di Evolve dan gym lainnya di Amerika, semuanya sangat canggih sehingga saya ingin membuat gym serupa dengan peralatan dan fasilitas terbaik untuk menghasilkan [atlet] terbaik. Itulah tujuan saya dan saya telah mengambil langkah pertama. Semoga dapat segera terealisasi.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan

Eko tidak ingin fasilitas yang dibangunnya itu hanya menjadi gym biasa, ia menginginkan gym terbaik dari yang terbaik, seperti halnya tempat dia berlatih saat ini.

Eko menjadi bagian dari tim tersohor di dunia yakni Evolve MMA yang berbasis di Singapura pada tahun 2019, bergabung dengan Juara Dunia ONE Bantamweight Muay Thai Nong-O Gaiyanghadao dan Juara Dunia ONE Women’s Strawweight Xiong Jing Nan, dan petarung top lainnya.

Di Evolve MMA, para atlet memiliki akses langsung terhadap peralatan dan teknologi terbaik. Inilah yang ingin dibawa oleh Eko ke Indonesia.

3 dari 3 halaman

Fasilitas

“Saya menginginkan fasilitas dengan kualitas terbaik, matras terbaik, sauna terbaik, jacuzzi terbaik, dan semuanya yang terbaik. Saya ingin itu memenuhi standar tertinggi melahirkan lebih banyak Eko Roni Saputra lainnya. Saya menerima banyak masukan dari teman-teman Indonesia saya yang mendorong untuk membuka sebuah gym,” kata Eko.

“Ini adalah sebuah pencapaian bagi saya dan keluarga. Bermula dari tidak memiliki rumah hingga membeli beberapa bidang tanah. Pindah ke Singapura, berkarir profesional, dan [membeli tanah] di kampung halaman terasa seperti mimpi. Saya bersyukur dapat berinvestasi untuk masa depan saya dan keluarga.”

"Tujuannya untuk mendirikan gym lain di kota-kota lainnya. Saya juga ingin merekrut pelatih dengan kualitas terbaik.”

Setelah hampir dua tahun jauh dari rumahnya di Indonesia dan tinggal di Singapura untuk berlatih di Evolve MMA, Eko akhirnya pulang ke Samarinda untuk sejenak beristirahat dan berinvestasi.

Dengan mendirikan tempat-tempat yang akan membantu para pemuda mengejar impian mereka dan memberikan mereka kesempatan untuk meniti karir seni bela diri seperti yang dia lakukan, Eko yakin bintang terbesar berikutnya dari Indonesia hanya menunggu untuk ditemukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.