Sukses

Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Eko Yuli Irawan Raih Gelar Atlet Terbaik di Golden Award Siwo PWI 2021

Ganda putri bulu tangkis dan lifter peraih medali Olimpiade Tokyo, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Eko Yuli Irawan, dinobatkan sebagai atlet terbaik di Golden Award Siwo PWI 2021

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putri bulu tangkis peraih emas Olimpiade Tokyo Greysia Polii / Apriyani Rahayu, serta lifter Eko Yuli Irawan menyabet gelar atlet terbaik putri dan putra dalam Golden Award Siwo PWI Pusat 2021. Penghargaan tersebut menjadi buah atas prestasi yang telah ditorehkan ketiganya bagi Indonesia.

“Terima kasih, penghargaan ini tentu sangat bergengsi dan membanggakan buat saya. Semoga Siwo juga terus berjaya dalam memberikan apresiasi yang tak pernah putus kepada atlet berprestasi,” ujar Eko Yuli seperti dilansir dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com.

Di samping itu, pelatih Taekwondo Indonesia Alex Harijanto serta pendiri klub bulu tangkis Jaya Raya Ir Ciputra (alm) juga diganjar penghargaan berupa lifetime achievement.

Alex Harijanto tercatat berhasil mengantarkan skuad Taekwondo Tanah Air untuk meraih tiga medali perak dan satu perunggu di Olimpiade Barcelona 1992.

“Sepanjang hidup saya di olahraga, ini kali pertama saya mendapat penghargaan. Terima kasih kepada Siwo PWI Pusat yang telah memberikan apresiasi. Semoga dengan penghargaan ini, makin memotivasi saya untuk membangkitkan olahraga Taekwondo di Indonesia,” kata Master Alex usai menerima gelar tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi dari Menpora

Hadir mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali menyampaikan apresiasinya terhadap Golden Award Siwo PWI.

Menurutnya, acara ini merupakan bentuk perhatian dan apresiasi yang baik dari Siwo kepada atlet, pelatih, pembina, serta stakeholder lain yang berjasa mengembangkan sektor olahraga Indonesia di kancah dunia.

“Pemerintah mengapresiasi usaha dari PWI dan Siwo yang terus menerus memberi perhatian kepada insan olahraga, meski di tengah pandemi. Tahun depan, acara ini harus terus diadakan lagi. Kami siap berkolaborasi dengan Siwo PWI dan memfasilitasi kesuksesan acara ini,” ujar Menpora Amali, dikutip dari rilis resmi.

Di sisi lain, Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa mengaku bangga bisa memberi penghargaan kepada pahlawan olahraga Tanah Air. Menurutnya, seluruh insan olahraga yang diganjar apresiasi dalam acara tersebut merupakan motor kehidupan ekonomi bangsa.

“Mereka telah menunjukkan kebangkitan, bukan hanya (dari) segi prestasi olahraga, tetapi juga motor kehidupan ekonomi Indonesia. Semoga ke depan, acara ini akan memberi kebangkitan pada olahraga dan pariwisata kita,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Daftar Peraih Penghargaan di Golden Award Siwo PWI 2020

Atlet Terbaik Putra

Eko Yuli Irawan (angkat besi)

 

Atlet Terbaik Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (bulu tangkis)

 

Pelatih Terbaik

Eng Hian (bulutangkis)

 

Pembina Terbaik

Yenny Wahid (PB FPTI)

 

Tim Terbaik

Tim Piala Thomas (bulu tangkis)

 

Atlet Paralimpik Terbaik Putra

Hary Susanto (para badminton)

 

Atlet Paralimpik Terbaik Putri

Leani Ratri Oktila (para badminton)

 

Lifetime Achievement

  1. Alex Harijanto
  2. Ciputra

 

Darmabakti Olahrga

  1. Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdi Mastura
  2. Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M. Kes
  3. Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.