Sukses

Timnas Indonesia Vs Vietnam Imbang, Drama Dua Pelatih Korea Masih Berlanjut di Piala AFF 2020?

Shin Tae-yong kembali bertemu kompatriotnya Park Hang-seo saat timnas Indonesia bersua Vietnam di penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia dan Vietnam berbagi poin saat bersua di babak penyisihan grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021). Ini sekaligus menandai akhir episode pertama drama dua pelatih Negeri Ginseng, Shin Tae Yong dan Park Hang Seo di turnamen bergengsi antarnegara Asia Tenggara itu.

Bertanding di Bishan Stadium, Timnas Indonesia dan Vietnam bermain tanpa gol hingga akhir laga. Taktik menyerang yang dilancarkan pasukan Negeri Uncle Ho berhasil diredam para pemain Timnas Indonesia yang memilih untuk bertahan dan menumpuk pemain di barisan belakang. 

Hasil imbang ini membuat peluang kedua tim ke babak semifinal semakin terbuka. Saat ini, Indonesia masih berada di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 7 poin dari tiga pertandingan. Sementara Vietnam berada di urutan kedua dengan poin sama, kalah selisih gol dari skuat Garuda.

Kiprah Park Hang-seo dan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 menjadi sorotan media di kampung halaman mereka. Maklum, keduanya terbilang sohor di Negeri Ginseng. Park sebelumnya pernah menjadi asisten pelatih saat Timnas Korea masih ditangani Guus Hiddink pada Piala Dunia 2002.

Sementara Shin Tae-yong sempat menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Sebelumnya

Bukan kali ini saja, Park dan Shin beradu taktik di lapangan hijau. Dikutip dari berbagai sumber, kedua pelatih Negeri Kimchi itu sebelumnya sudah 10 kali bertemu di kompetisi domestik. Dari seluruh pertemuan itu, Shin Tae-yong mampu memenangkan delapan pertandingan atas Park Hang-seo. 

Park hanya sekali menang. Sementara satu laga lainnya berakhir dengan skor imbang. 

Empat kemenangan Shin Tae-yong diraih saat Park masih menangani Chunham Dragons. Empat kemenangn lainnya diraih ketika Park menjadi pelatih Sangju Sangmu.

Sementara satu kekalahan Shin Tae-yong dari Park di level klub terjadi saat Chunham Dragons menang 2-0 dari Seongnam Ilhwa di Piala K-League 2009.

 

3 dari 3 halaman

Park Unggul di Level Timnas

Pertemuan terakhir Shin Tae-yong dan Park Hang-seo terjadi di level timnas pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berlangsung di Al Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, pada 7 Juni lalu. Dalam duel ini, Timnas Indonesia yang ditangani Shin kalah 0-4 dari timnas Vietnam. 

Di Piala AFF 2020 ini, drama dua pelatih Korea ini masih mungkin berlanjut ke episode kedua. Syaratnya, kedua tim harus mampu melaju ke babak final.

Lalu, seperti apa kisah drama dua pelatih Korea selanjutnya? Tunggu saja tanggal mainnya !

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.