Sukses

Jonathan Rea: Valentino Rossi Legenda Balap Motor Sebenarnya

Pembalap WSBK Jonathan Rea mengaku sangat kagum dengan Valentino Rossi yang bisa bertahan selama 26 tahun di MotoGP yang sulit.

Liputan6.com, London- Pembalap Kawasaki, Jonathan Rea mengagumi kehebatan Valentino Rossi yang memiliki karier panjang di balap motor level tinggi, MotoGP. Rea mengatakan Rossi pantas disebut sebagai legenda motor sebenarnya.

Dengan karier panjang selama 26 tahun, Rossi tak hanya berhasil juara 9 kali, tapi juga memikat penggemar MotoGP. Ini rupanya tak dimiliki oleh pembalap lain dan sulit disaingi.

Menurut Jonathan Rea, juara WSBK enam kali, Rossi akan meninggalkan kekosongan di MotoGP. Dia belum melihat ada pembalap lain yang bisa mengisi itu.

Rossi mengakhiri karier usai ikuti seri terakhir MotoGP di Valencia bulan lalu. Dia finis di posisi 10 sekaligus menjadi posisi terakhir di kariernya yang panjang di MotoGP.

"Saat ini, orang bisa dengan mudah menyebut kata legenda, tapi Rossi legenda balap motor sebenarnya," ujar Rea seperti dikutip crash.net.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melekat

 

Rossi paling pandai meraih simpati dari penggemar. Karena itu pula, dia bisa bertahan 26 tahun di MotoGP.

Jonathan Rea mengaku cukup heran dengan sikapnya waktu kecil yang tak mengidolakan pembalap Honda, Michael Doohan yang juga mendominasi 500 CC. Itu berbeda saat dia mulai belajar motor di era Valentino Rossi.

"Saya dulu sempat belajar motocross dimana Rossi berjaya. Saya melihat dia dominasi MotoGP dan saya langsung jadi fans," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Sulit

 

Rea bertambah kagum dengan konsistensi Rossi selama 26 tahun. Meski gagal menambah gelar di 12 tahun terakhir, tapi Rea menyebut apa yang dilakukan Rossi fenomenal.

"Bisa konsisten setiap tahun dan melakukannya di MotoGP itu luar biasa. Saya hanya bisa bicara dari sudut pandang Superbike, MotoGP balapan yang sulit," katanya.

"Saya senang karena sempat bertukar helm dengan dia beberapa waktu lalu."

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.