Sukses

Drama Pelatih Korea di Piala AFF 2020/2021 Dipantau Media Kampung Halaman

Dua pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong dan Park Hang Seo bakal beradu cerdik di Piala AFF 2020/2021.

Liputan6.com, Jakarta Media Korea Selatan ikut menyoroti jalannya Piala AFF 2020/2021 yang berlangsung di Singapura sejak 5 Desember lalu. Yang paling disorot tentu saja 'pertempuran' duo pelatih asal Negerei Ginseng, yakni Park Hang-seo yang menangani timnas Vietnam dengan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

Kebetulan negara yang ditangani kedua pelatih itu berada di grup yang sama pada babak penyisihan Piala AFF 2020/2021. Keduanya menempati grup B bersama Laos, Kamboja, dan Timnas Malaysia. 

Lalu seperti apa laporan media-media Korsel mengenai kedua pelatih asal Negeri Kimchi tersebut?

Dong-a Ilbo, salah satu surat kabar Korea Selatan lebih menjagokan Park Hang-seo. Dalam laporannya, harian tersebut kembali membeberkan keberhasilan yang sudah diraih Hang-seo bersama tim Uncle Ho serta kemenangan yang diraih mereka pada pertandingan perdana Piala AFF tahun ini. 

"Dengan Vietnam yang ditangani pelatih Park (Hang-seo), mereka memenangkan laga pertama di Grup B dengan mengalahkan Laos 2-0 di Bishan Stadium," tulis Dong-a Ilbo mengingatkan. 

"Sebelumnya, tim Vietnam menjadi juara Piala AFF 2018 di bawah arahan Park Hang-seo. Itu merupakan gelar juara se Asia Tenggara kedua yang pernah diraih Vietnam sepanjang sejarah dan kali pertama mereka meraih gelar sejak 2008," surat kabar berbahasa Korea itu menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belajar dari Kekalahan

Meski demikian, bukan berarti perjalanan Park bersama Vietnam selalu mulus. Di babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam justru amburadul. Hanya saja kekalahan ini menurut Dong-a Ilbo justru berpengaruh baik kepada persiapan sang juara bertahan. 

 

"Sebelum AFF Cup 2020, timnas Vietnam tampil di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 region Asia. Dan sampai sekarang mereka masih berada di dasar klasemen Grup B dengan 6 kekalahan. Namun permainan mereka sudah meningkat pesat sejak kalah dari tim level atas. Itu terlihat dari permainan yang ditunjukkan oleh timnas Vietnam saat berhadapan dengan Laos," Dong-a Ilbo menambahkan. 

 

3 dari 3 halaman

Drama Korea

Dong-a Ilbo menilai, perlawanan terberat yang bakal dihadapi Vietnam berasal dari timnas Indonesia, yang diarsiteki Shin Tea-yong. 'Drama Korea' ini semakin menarik karena keduanya sama-sama mengusung misi untuk mengangkat trofi Piala AFF 2020/2021.   

Tantangan Park Hang Soe semakin berat karena kedua tim sudah harus bertemu di babak penyisihan grup. Hasil pertemuan kedua tim bukan mustahil justru jadi penentu keberhasilan lolos ke semifinal. 

Vietnam sendiri akan berhadapan dengan Indonesia pada 15 Desember 2021. Namun sebelum duel antarpelatih Negeri Kimchi itu berlangsung, Indonesia harus bertemu Kamboja dan Laos terlebih dulu. Sementara Vietnam akan bertemu lawan berat Malaysia terlebih dulu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.