Juara WSBK 2021, Yamaha Rilis Motor R1 Edisi Khusus Toprak Razgatlioglu

Oleh Defri Saefullah pada 08 Des 2021, 00:03 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 00:03 WIB
Foto: Toprak Razgatlioglu Jadi Juara Dunia, Jonathan Rea Menangkan Race 1 dan 2 WSBK Mandalika 2021
Perbesar
Memulai balapan dari pole position, Toprak harus terlempar ke urutan ketiga di lap pertama. Dua lap berselang, pembalap asal Turki tersebut mampu melaju ke urutan terdepan usai menyalip Scott Redding dan Jonathan Rea. (AP/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com,Madrid- Yamaha Motor Eropa merayakan keberhasilan pembalap mereka Toprak Razgatlioglu dalam meraih gelar juara World Superbike atau WSBK 2021. Yamaha Motor Europe and Crescent pun merayakannya dengan cara memproduksi 21 motor R1 yang dipakai pembalap asal Turki itu.

Ini juga menjadi cara Yamaha untuk rayakan keberhasilan akhiri paceklik gelar juara World Superbike selama 25 tahun. Seperti diketahui, keberhasilan Toprak Razgatlioglu bukan sesuatu yang mudah dicapai.

Dia harus bersaing dengan juara enam kali WSBK, Jonathan Rea dan pembalap Ducati, Scott Redding. Toprak meraih gelar juara saat rebut posisi dua di Superbike Mandalika pada race 1.

Dia mengungguli Jonathan Rea dengan 13 poin. Selain Toprak, Yamaha juga menangi gelar konstruktor dan tim pada WSBK 2021.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Khusus Sirkuit

Toprak Razgatlioglu - WSBK Mandalika
Perbesar
Pembalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu merebut gelar juara dunia WSBK 2021 setelah balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, 21 November. (foto: Hans Bahanan)

 

Yamaha menjual motor R1 edisi khusus Toprak sebanyak 21 buah. Namun motor Yamaha R1 ini hanya digunakan di sirkuit saja.

"Yamaha Motor Europe dan Crescent Yamaha, markas dari Pata Yamaha dengan bangga mengumumkan edisi terbatas motor replika Yamaha R1 Toprak razaglioglu yang memenangkan WSBK," bunyi pernyataan dari Yamaha Motor Eropa.

"Motor ini bisa dilihat secara online, motor dengan mesin ekslusif ini hanya dijual 21 buah. Ini untuk merayakan momen historis di 2021, merayakan gelar juara pembalap Turki di WSBK."

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengalaman

Yamaha R1 WSBK
Perbesar
Penampakan Yamaha R1 WSBK yang dipakai Toprak Razgatlioglu lalu (istimewa)

 

Yamaha menyatakan Yamaha R1 edisi khusus ini akan dibangun di Crescent Racing Pro shop. Yamaha ingin menggunakan pengalaman dan skill dari mekanik di enam tahun terakhir bersama proyek WSBK.

"Motor ini replika yang siap pakai di sirkuit, menghasilkan tenanga 205 bhp di ban belakang (naik 20 bhp dari motor R1 standar). Motor juga dilengkapi torsi linear yang disalurkan lewat knalpot akrapovic dan ECU GYTR, punya bobot 175 kg," tulis Yamaha.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya