Sukses

Piala AFF 2020: Saatnya Indonesia Ciptakan Hasil Manis dan Patahkan Catatan Buruk

Liputan6.com, Jakarta Piala AFF 2020 telah bergulir, Singapura ditunjuk sebagai negara yang terpilih menjadi tuan rumah dalam ajang dua tahunan tersebut. Beban berat dipikul para punggawa skuad Garuda karena Timnas Indonesia ditargetkan oleh PSSI untuk dapat meraih gelar juara di Piala AFF 2020.

Perlu diketahui, Timnas Indonesia memiliki catatan yang kurang apik saat Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah Piala AFF. Terbukti, Skuad Garuda hanya mampu sekali lolos ke final dari empat edisi Piala AFF yang berlangsung di negri singa tersebut.

Selain itu, dalam sebelas pertandingan Timnas Indonesia saat bermain di Singapura, skuad Merah Putih hanya mampu meraih empat kemenangan, tiga kali imbang dan empat kali kekalahan.

Melansir laman resmi PSSI, Mochamad Iriawan selaku ketua umum PSSI mengatakan, bahwa Timnas Indonesia memiliki kesempatan dan peluang besar untuk dapat menjuarai turnamen paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara tersebut.

"Sudah terlalu lama kita tidak menjadi juara. Kini saatnya kita menjadi yang terbaik," ujarnya dalam laman resmi PSSI.

Adanya target juara tersebut, tentu saja akan membuat Timnas Indonesia menghadapi ujian cukup berat. Seperti diketahui, Indonesia sudah lima kali gagal menjadi juara karena kalah pada laga final Piala AFF.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Masih Penasaran

Selama sebelas kali digelar sejak tahun 1996, Timnas Indonesia belum pernah sekali pun mengangkat trofi juara. Prestasi terbaik Skuad Garuda hanya mampu menjadi runner up saja.

Terhitung Indonesia sudah menembus pertandingan final sebanyak lima kali, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Terakhir pada tahun 2016 Indonesia dipaksa kalah dari Thailand dengan skor agregat 2-3.

Pada edisi terakhir Piala AFF, raihan Timnas Indonesia bahkan cukup mengenaskan. Skuad Garuda tersingkir di babak penyisihan setelah terpuruk di peringkat keempat dari lima peserta Grup B kala itu.

Pada gelaran ajang Piala AFF 2020 ini, Timnas Indonesia akan mengawali kiprahnya melawan Kamboja pada 9 Desember di Stadion Bishan. Selanjutnya, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan bakal menjamu Laos pada laga kedua sebelum menantang salah satu tim favorit juara, Vietnam.

Rival Indonesia di Asia Tenggara, Malaysia, jadi tim terakhir yang harus dihadapi skuad Garuda. Tim Merah Putih tak boleh kalah dari Malaysia demi menjaga peluang untuk lolos ke semifinal gelaran tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

• 9 Desember 2021: Timnas Indonesia Vs Kamboja

• 12 Desember 2021: Laos Vs Timnas Indonesia

• 15 Desember 2021: Timnas Indonesia Vs Vietnam

• 19 Desember 2021: Malaysia Vs Timnas Indonesia

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.