Sukses

Sukses Lari Maraton Jakarta-Bali, Robert Spour Tuntaskan Misi di Sumba Timur

Robert Spour pada September lalu sukses menyelesaikan misi lari maraton dari Jakarta ke Bali. Kini dia menuntaskan misi di Sumba Timur.

Liputan6.com, Jakarta- Pegiat lari asal Austria Robert Spour atau yang akrab disapa Om Rob bersama dengan Bibi Punky akhirnya menuntaskan misi kemanusiaan mereka dengan mengirimkan satu juta liter air bersih ke Sumba Timur. Om. Rob menyelesaikan misi usai lari maraton dari Jakarta ke Bali.

Sebelum memberikan donasi air bersih ke Sumba Timur, pria 60 tahun tersebut melakukan lari maraton dari Jakarta ke Bali pada September lalu. Om Rob berlari dari Monas sejak 1 September 2021.

Total Om Rob bakal berlari sejauh 1.344 kilometer dari Jakarta ke Bali pada acara bertajuk Run2Bali. Lari maraton ini mampu diselesaikan pria asal Austria itu selama 18 hari meski mengalami beberapa kendala.

Lari maraton ini dilakukan Rob untuk kegiatan amal. Water4Sumba merupakan kegiatan amal yang diadakan oleh Tupai Pandai. Mereka menargetkan mengirimkan 1 juta liter air ke Sumba Timur.

Setelah lari maraton sukses, om Rob pada awal Desember ini mengirimkan air bersih dengan menggunakan truk. Selain itu, Om Rob dan Bibi Punky yang tergabung dalam gerakan Tupai Pandai juga membuat sumur air di beberapa desa yang mereka kunjungi.

Tak hanya itu, di sana Om Rob dan Bibi Punky juga turut membagikan seperangkat alat kebersihan Covid-19 dan perlengkapan sekolah kepada anak-anak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumber Air

 Pengeboran telah dimulai pada Oktober 2021. Semua ini dapat terwujud berkat dukungan BLOOM HELPS dan TNI AD, KODAM IX/UDAYANA dan Dandim 1601/Sumba Timur, Letkol (Czi) Dr. Dwi Joko Siswanto, S.E. M.I.Pol.

"Ya ini tahun yang sangat menyulitkan, banyak persiapan yang kami lakukan, tapi semua terbayar setelah melihat orang-orang menikmatinya, karena air luar biasa penting bagi orang-orang. Saya sangat yakin tahun depan kami memilik rencana yang besar lagi,” kata Om Rob.

Hal senada juga dikatakan Bibi Punky, Bibi Punky menjelaskan mengapa Sumba Timur yang dijadikan tujuan diberikannya air bersih.

“Kenapa kami pilih Sumba Timur karena memang kering banget dan banyak orang yang perlu air bersih di sana,” kata Bibi Punky.

“Perasaan saya melihat mereka akhirnya mendapatkan air bersih itu senang campur sedih, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, senang banget karena akhirnya anak-anak bisa mandi, bisa minum air bersih dan Ibu-ibu tidak harus ke sungai yang di sana banyak buayanya,” sambung dia.

3 dari 3 halaman

Misi Kemanusiaan

Sementara itu, Andrew perwakilan Bloom Helps juga turut merasa bangga dengan program ini yang telah memberikan perubahan bagi masyarakat Sumba Timur.

Dengan suksesnya program ini, Blooms Help bersama dengan Tupai Pandai kedepan bakal menyiapkan program untuk misi kemanusiaan selanjutnya.

“Saya senang sekali melihat perubahan yang sudah kami lakukan untuk bangun beberapa sumur air di beberapa daerah di Sumba Timur,” ujar Andrew.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.