Hasil FP1 GP Arab Saudi: Lewis Hamilton Kalahkan Max Verstappen

Oleh AY Yustiawan pada 03 Des 2021, 23:12 WIB
Diperbarui 03 Des 2021, 23:12 WIB
FOTO: Lewis Hamilton Asapi Max Verstappen di F1 GP Brasil 2021
Perbesar
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton (depan) mengemudikan mobilnya diikuti pembalap Red Bull Max Verstappen pada Formula 1 Grand Prix di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, Brasil, 14 November 2021. Lewis Hamilton di urutan pertama, Max Verstappen kedua, dan Valtteri Bottas ketiga. (AP Photo/Andre Penner)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap tim Mercedes Lewis Hamilton tampil menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas pertama Formula 1 (F1) Grand Prix Arab Saudi 2021 di Sirkuit Jeddah, Jumat malam WIB (3/12/2021).

Hamilton mencetak 1:29,786 dan mengungguli rival utamanya dalam perebutan gelar juara dunia musim ini, Max Verstappen dengan margin 0,056 detik. Posisi ketiga ditempati Valtteri Bottas dengan jarak 0,223 detik dari rekan satu timnya.

Hamilton berjarak delapan poin dari Verstappen yang menghuni puncak klasemen menuju balapan penultima musim ini di Sirkuit Corniche Jeddah.

Verstappen memiliki peluang mengunci gelar juara dunia pertamanya apabila ia meraup 18 poin lebih banyak dari Hamilton pada akhir pekan nanti.

Pembalap tim AlphaTauri Pierre Gasly finis di posisi empat di depan Antonio Giovinazzi yang membawa Alfa Romeo ke lima besar, mengungguli duet Ferrari Carlos Sainz dan Charles Leclerc.


Kewalahan

Foto: Perebutan Juara Dunia Semakin Ketat usai Hamilton Sukses Pangkas Jarak Poin dari Verstappen di F1 GP Qatar 2021
Perbesar
Sementara itu, rekan setim Lewis Hamilton, Valtteri Bottas harus bernasib apes usai mengalami pecah ban pada lap ke-34. Ia harus 'menyeret' mobilnya ke pit stop untuk mengganti ban yang lain. Hal tersebut membuat posisinya melorot dari P3 menjadi P14. (AP/Darko Bandic)

Daniel Ricciardo finis P8 untuk McLaren di saat Fernando Alonso dan Sebastian Vettel melengkapi sepuluh besar untuk tim Alpine dan Aston Martin.

Sementara itu, rekan satu tim Verstappen di Red Bull, Sergio Perez kewalahan menemukan kecepatan untuk menembus sepuluh besar, finis P11 dengan jarak lebih dari satu detik dari pemuncak sesi.


Tak Nyaman

Foto: Start dari Posisi 10, Lewis Hamilton Tikung Verstappen dan Akhirnya Finis di Posisi Pertama F1 GP Brasil
Perbesar
Balapan sempat tersendat beberapa saat setelah terjadi insiden yang menimpa Yuki Tsunoda karena kehilangan bagian sayap depannya usai menabrak Lance Stroll. (AP Photo/Marcelo Chello)

Sebelumnya dikabarkan Lewis Hamliton merasa tidak nyaman balapan di Arab Saudi. Padahal seri ini terbilang krusial bagi dalam upaya pembalap asal Inggris itu menjegal rivalnya, Max Verstappen jadi juara F1 musim ini.

"Seperti yang saya katakan pada balapan terakhir [di Qatar], saya merasa bahwa olahraga dan kami berkewajiban untuk berusaha membantu meningkatkan kesadaran akan masalah-masalah tertentu yang telah kami lihat, khususnya hak asasi manusia di negara-negara yang akan kami tuju," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya