Menpora Beri Lampu Hijau BRI Liga 1 Dihadiri Penonton

Oleh Liputan6.com pada 03 Des 2021, 15:30 WIB
Diperbarui 03 Des 2021, 15:30 WIB
Menpora saat menggelar sosialisasi Perpres terkait DBON di Manado, Sulut.
Perbesar
Menpora saat menggelar sosialisasi Perpres terkait DBON di Manado, Sulut.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mendukung penuh wacana adanya penonton di seri keempat BRI Liga 1 2021/2022. Nantinya, uji coba tersebut tidak akan dilakukan di semua stadion, melainkan hanya venue tertentu yang memenuhi standar yang akan digunakan.

Seperti diketahui, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah mematangkan rencana kehadiran penonton di stadion untuk BRI Liga 1 dan Liga 2.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB sudah menginformasikan bahwa stadion yang memiliki single seat bernomor bakal digunakan untuk uji coba kehadiran penonton.

Adanya single seat dengan nomor dibutuhkan untuk memudahkan mengatur bangku penonton sesuai dengan prokes protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Uji coba kehadiran penonton di BRI Liga 1 akan diterapkan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2021, mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 1 November 2021.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rencana Jika Dihadiri Penonton

Persija Vs Mitra Kukar
Perbesar
Suporter Persija Jakarta menggendong anaknya saat merayakan gelar juara Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu (09/12). Persija menang 2-1 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Disebutkan bahwa pemerintah mengizinkan laga Liga 1 disaksikan penonton di stadion dengan jumlah 25 persen dari kapasitas maksimal atau paling banyak 5.000 orang.

Menpora mengatakan setuju apabila PSSI juga berkenan mengizinkan penonton ke stadion.

"Saya sudah koordinasi PT LIB (operator Liga 1) dan PSSI soal ada penonton ini.  Tapi tak semua tempat, hanya stadion single seat yang bisa dan itu jumlahnya terbatas," ujarnya di sela-sela acara Webinar Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Rabu (1/12/2021).

"Uji coba di seri 4 kalau PSSI oke,  saya juga oke," tambahnya.

Adanya peluang penonton di Liga 1 dikarenakan beberapa event olahraga yang sebelumnya terlebih dahulu digelar dengan penonton, seperti balapan di Sirkuit Mandalika dan PON Papua yang sudah menerapkannya. Protokol kesehatan yang ketat juga akan diterapkan seperti wajib dua kali vaskin, swab atau PCR. 

Rencananya, uji coba penonton bakal dilakukan dalam waktu dekat ini. PT LIB kini tengah dalam tahap akhir persiapan untuk menyambut kehadiran penonton di stadion. Untuk tahap awal kemungkinan penonton yang hadir baru sebatas undangan.

Penulis: Rafi A Rochim

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Klasemen BRI Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya