Sukses

Menpora Beri Lampu Hijau BRI Liga 1 Dihadiri Penonton

Menpora Zainudin Amali mendukung penuh wacana adanya penonton di seri keempat BRI Liga 1 2021/2022.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mendukung penuh wacana adanya penonton di seri keempat BRI Liga 1 2021/2022. Nantinya, uji coba tersebut tidak akan dilakukan di semua stadion, melainkan hanya venue tertentu yang memenuhi standar yang akan digunakan.

Seperti diketahui, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah mematangkan rencana kehadiran penonton di stadion untuk BRI Liga 1 dan Liga 2.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB sudah menginformasikan bahwa stadion yang memiliki single seat bernomor bakal digunakan untuk uji coba kehadiran penonton.

Adanya single seat dengan nomor dibutuhkan untuk memudahkan mengatur bangku penonton sesuai dengan prokes protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Uji coba kehadiran penonton di BRI Liga 1 akan diterapkan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2021, mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 1 November 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana Jika Dihadiri Penonton

Disebutkan bahwa pemerintah mengizinkan laga Liga 1 disaksikan penonton di stadion dengan jumlah 25 persen dari kapasitas maksimal atau paling banyak 5.000 orang.

Menpora mengatakan setuju apabila PSSI juga berkenan mengizinkan penonton ke stadion.

"Saya sudah koordinasi PT LIB (operator Liga 1) dan PSSI soal ada penonton ini.  Tapi tak semua tempat, hanya stadion single seat yang bisa dan itu jumlahnya terbatas," ujarnya di sela-sela acara Webinar Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Rabu (1/12/2021).

"Uji coba di seri 4 kalau PSSI oke,  saya juga oke," tambahnya.

Adanya peluang penonton di Liga 1 dikarenakan beberapa event olahraga yang sebelumnya terlebih dahulu digelar dengan penonton, seperti balapan di Sirkuit Mandalika dan PON Papua yang sudah menerapkannya. Protokol kesehatan yang ketat juga akan diterapkan seperti wajib dua kali vaskin, swab atau PCR. 

Rencananya, uji coba penonton bakal dilakukan dalam waktu dekat ini. PT LIB kini tengah dalam tahap akhir persiapan untuk menyambut kehadiran penonton di stadion. Untuk tahap awal kemungkinan penonton yang hadir baru sebatas undangan.

Penulis: Rafi A Rochim

 

3 dari 3 halaman

Klasemen BRI Liga 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.