Sukses

Bertolak ke Singapura, Timnas Indonesia Siap Tempur Hadapi Piala AFF 2021

Timnas Indonesia berada di Grup B pada penyisihan Piala AFF 2021.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bertolak dari Turki ke Singapura untuk menghadapi Piala AFF 2021, Rabu (1/12/2021). Setelah menjalani pemusatan latihan dan serangkaian uji coba, skuat Merah Putih dalam kondisi siap tempur untuk membawa pulang trofi juara turnamen sepak bola se-Asia Tenggara itu. 

‘’Setelah menjalani laga persahabatan dan melakukan pemusatan latihan di Turki, performa timnas terus meningkat. Itu laporan Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri kepada saya. Mereka sudah siap tempur untuk memberikan yang terbaik buat bangsa dan negara ini,’’ ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan seperti dilansir dari situs resmi PSSI, Rabu (1/12/2021). 

Selama di Turki, Timnas Indonesia melakukan tiga kali laga persahabatan. Kalah 0-1 dari Afganistan. Menang telak 4-1 atas Myanmar dan menang lawan tim lokal Turki, Antalyaspor, 4-0 di Limas Football Complex, Antalya, Turki (28/11). Di babak penyisihan Piala AFF 2021, timnas Indonesia yang diarsiteki Shin Tae-yong berada di grup B bersama dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Sebanyak 30 nama dibawa menghadapi kejuaraan ini. Irawan meyakini seluruh pemain yang dipilih langsung oleh Shin Tae-yong adalah pemain terbaik Indonesia. Mereka adalah kombinasi pemain yang bermain di BRI Liga 1 2021/2022 dan sejumlah pemain yang merumput di luar negeri.

Mereka yang bermain di luar negeri, Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town/Inggris), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korsel), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta’zim/Malaysia), Ryuji Utomo (Penang FC/Malaysia), dan Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kombinasi Ideal

"Ini kombinasi pemain yang bagus. Rata-rata usia skuad ini masih muda. Masa depan tim ini saya yakin akan cerah. Saya sebagai Ketua Umum PSSI pasti akan mendukung mereka habis-habisan. Saya dan beberapa Exco PSSI juga akan berangkat ke Singapura untuk mendukung mereka. Insya Allah mereka bisa menjadi juara,’’ ujar Iriawan.

 

3 dari 3 halaman

Incar Trofi Juara

Indonesia terakhir menjadi juara di kawasan ASEAN pada SEA Games 1991. Suatu pencapaian yang bahkan belum bisa diulangi lagi oleh generasi berikutnya hingga sekarang.

‘’Sudah terlalu lama kita tidak menjadi juara. Kini saatnya kita menjadi yang terbaik. Mari kita doakan yang terbaik agar pemain timnas Indonesia bisa menjadi juara di Piala AFF kali ini,’’ imbuh Iriawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Piala AFF 2021 merupakan kompetisi sepak bola resmi antar negara-negara yang berada di Asia Tenggar edisi ke-13.
    Piala AFF 2021 merupakan kompetisi sepak bola resmi antar negara-negara yang berada di Asia Tenggar edisi ke-13.

    Piala AFF 2021

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF