Sukses

Jadi Rebutan Pemain Sepak Bola Dunia, Berapa Harga Trofi Ballon d'Or?

Lionel Messi kembali memenangkan trofi Ballon d'Or tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi kembali merebut gelar Ballon d'Or untuk kali ketujuh, Selasa (30/11/2021). Pemain asal Argentina tersebut kini menjadi pemain dengan trofi bola emas terbanyak sepanjang sejarah.

Messi berhasil mengalahkan kandidat-kandidat lainnya, seperti striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski yang harus puas berada di urutan kedua dan pemain Chelsea, Jorginho di urutan ketiga. 

Cristiano Ronaldo yang menajadi saingan utama Lionel Messi selama ini  hanya menempati urutan ke-6. Sebelumnya, Ronaldo telah mengoleksi lima gelar Ballon d'Or atau tertinggal 2 gelar dari Messi. 

Ballon d'Or merupakan penghargaan tahunan yang diberikan majalah olahraga asal Prancis, France Football kepada pemain yang dianggap memiliki karier gemilang selama semusim. Penentuan gelar juara dilakukan lewat pemilihan oleh perwakilan jurnalis dunia, pelatih dan kapten tim nasional. 

Setelah tahun lalu sempat absen karena pandemi COVID-19, pengumuman pemenang Ballon d'Or akhirnya kembali digelar di Paris, Prancis, pada tahun ini. Selain pemenang trofi bola emas, pihak penyelenggara juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pemain untuk berbagai kategori.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlangsung Sejak 1956

Gelar Ballon d'Or sudah berlangsung sejak tahun 1956. Awalnya, penghargaan ini digagas oleh jurnalis Prancis, Gabriel Hanot. FIFA sempat terlibat pada tahun 2010-2015 hingga berubah nama menjadi FIFA Ballon d'Or. Pemenang pertama penghargaan ini adalah pemain Blackpool, Stanley Matthews. 

Awalnya, gelar Ballon d'Or terbatas pada pemain-pemain Eropa saja. Seiring perkembangan zaman, pemberian penghargaan ini semakin meluas kepada pemain yang tampil di Eropa. Selanjutnya, sejak 2007, penghargaan Ballon d'Or semakin prestisius karena melibatkan pemain dari seluruh dunia. 

 

 

3 dari 3 halaman

Harga Trofi Ballon d'Or

Di luar sejarah perjalanannya, yang juga menarik dari Ballon d'Or juga adalah bentuk trofinya. Bentuknya yang menyerupai bola memiliki tinggi 28 cm dengan diameter 22 cm dan berat 12 kg. 

Bola kemudian diisi dengan bahan seperti lilin yang dipahat untuk memberi bentuk dan jatihan. Trofi juga ditaburi emas murni dengan logo France Football serta nama pemenang. Dan seperti dilansir dari AS, trofi Ballon d'Or diperkirakan bernilai lebih dari 3000 euro atau di atas Rp48.5 juta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.