Sukses

Lecuona Paling Sering Terjatuh di MotoGP 2021, Marc Marquez di Urutan Kedua

Marc Marquez hanya terpaut 4 momen dari pembalap MotoGP paling sering terjatuh musim ini, Iker Lecuona.

Liputan6.com, Jakarta Nasib sial sepertinya belum meninggalkan perjalanan Marc Marquez pada balapan MotoGP musim lalu. Meski bukan yang teratas, pembalap Honda Repsol itu masih terlalu sering mengalami kecelakaan.

Seperti dilansir dari crash.net, sepanjang musim 2021, Marquez telah terjatuh sebanyak 22 kali. Marquez juga sempat absen selama 4 seri akibat cedera yang membuatnya tidak bisa balapan. 

Perjalanan Marquez hanya terpaut empat momen dari Iker Lecuona. Pembalap KTM tersebut menempati posisi teratas rider yang sering terjatuh sepanjang musim 2021, yakni sebanyak 26 kali. Sementara posisi ketiga ditempati rekan satu tim Marquez, Pol Espargaro dengan 20 kali terjatuh. 

Bagi Marquez, momen mencium aspal sudah seperti ritual wajib setiap musimnya. Pada MotoGP 2018 contohnya, Marquez yang dijuluki Baby Alien bahkan sempat berada di posisi teratas pembalap yang paling sering terjatuh. Saat itu, Marquez tercatat mengalami kecelakaan sebanyak 23 kali. 

Satu musim sebelumnya, Marquez malah lebih sering terjatuh. Sepanjang 2019, pembalap asal Spanyol tersebut tercatat 26 kali mencium aspal, termasuk saat latihan dan balapan berlangsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Absen Semusim

Anehnya, Marquez jarang sekali cedera. Dia baru kena 'batunya' pada tahun 2020 saat mengalami kecelakaan saat mengejar Fabio Quartararo di Jerez. AKibat insiden ini, Marquez mengalami patah tulang humerus  tangan kanan yang akhirnya menuntunnya absen selama semusim penuh. 

 

3 dari 3 halaman

Jarang Jatuh

Sementara itu, juara dunia baru, Monster Yamaha, Fabio Quartararo dan rivalnya, pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, memiliki kecelakaan paling sedikit dari semua pebalap yang menyelesaikan musim 18 putaran penuh musim ini. Keduanya tercatat hanya mengalami 7 kali kecelakaan.

Sedangkan mantan juara MotoGP, Joan Mir terjatuh 8 kali. Menyusul di belakangnya, pembalap KTM, Brad Binder, dan Valentino Rossi dari Petronas Yamaha dengan masing-massing sembilan kali jatuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.