Michael Carrick Jelaskan Cara 6 Pemain MU Sukseskan Rencana Permainan Lawan Chelsea

Oleh Liputan6.com pada 29 Nov 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 19:00 WIB
Foto: Frank Lampard hingga Michael Carrick, 6 Mantan Pemain Top Inggris yang Baru Meniti Karier Kepelatihan
Perbesar
Michael Carrick merupakan mantan pemain sekaligus asisten Manajer di Mancherster United. Ia memulai kariernya setelah gantung sepatu pada 2018 silam. Kesuksesan Setan Merah menjadi runner up Liga Inggris dan Liga Europa merupakan salah satu jasanya. (Foto: AFP/Pool/Phil Noble)

Liputan6.com, London - Manchester United nyaris tidak menguasai 30% penguasaan bola saat melawan Chelsea pada Liga Inggris hari Minggu (28 November). Namun, di bawah manajer semetara, Michael Carrick, hasil berakhir imbang.

Michael Carrick mengatakan Manchester United menargetkan servis Chelsea kepada Jorginho dan memuji tekanan para pemain depan mereka setelah hasil imbang 1-1 di Stamford Bridge.

Dilansir Manchester Evening News pada Senin, (29/11/2021), manajer sementara Carrick menempatkan Bruno Fernandes dan Marcus Rashford sebagai penyerang, sedangkan Nemanja Matic menggantikan Donny can de Beek di lini tengah untuk melawan formasi 3-4-3 Chelsea.

Barisan berlian dari Manchester United terlihat di lini tengah dengan kuartet pemain yang sama yang pertama kali diuji coba oleh Ole Gunnar Solskjaer dalam hasil imbang 1-1 di Everton pada Maret 2020. Namun, sistem United berubah bentuk tergantung pada apakah mereka dalam penguasaan bola atau tidak.

Scott McTominay turun jauh untuk melawan umpan pemain sayap Chelsea, Callum Hudson-Odoi dan United memimpin tanpa gol saat jeda. Lima menit setelah restart, Jadon Sancho memanfaatkan kesalahan Jorginho untuk mencetak gol keduanya dalam banyak pertandingan untuk membawa United unggul dengan percobaat tepat sasaran pertama mereka.

Jorginho menebusnya dengan mengonversi penalti sembarangan yang dilakukan oleh Aaron Wan-Bissaka dan Carrick mengakui United bersiap untuk melawan gelandang Italia, bermitra dengan Ruben Loftus-Cheek.

"Itu bagian dari sepak bola, Anda harus bermain di kedua sisi permainan," kata Carrick tentang Sancho yang memanfaatkan peluagnya setelah babak pertama yang melelahkan. "Kami telah berbicara tentang bagaimana Anda harus mendapatkan keberuntungan Anda pada waktu-waktu tertentu, ini adalah jenis hasil dan situasi yang kami alami.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tiga Pemain Depan yang Disiplin

Chelsea dan Manchester United Berbagi Poin di Stamford Bridge
Perbesar
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford mengumpan bola dari kawalan dua pemain Chelsea Reece James, dan Trevoh Chalobah selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di di stadion Stamford Bridge, London, Senin (29/11/2021). Chelsea bermain imbang atas MU 1-1. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Carrick mengatakan ia menyadari bahwa Chelsea memiliki momentum dan kepercayaan diri untuk mendominasi permainan. Oleh karena itu, United mencoba menyembunyikan bola dan mendominasi dengan cara itu, tetapi pada titik yang sama, United realistis.

Carrick mengungkapkan bagaimana Marcus, Jadon, dan Bruno memblokir tengah dan memberikan platform bagi tujuh pemain di belakang mereka untuk menyebar sehingga para pemain tidak perlu berlari terlalu banyak. Dia juga mengatakan bahwa ketiga pemain depan tersebut melakukan pekerjaan yang luar biasa dan disiplin.

"Saya sangat senang dengan upaya hari ini," kata Carrick. "Kami datang ke sini dengan sebuah rencana. Saya agak tahu bagaimana Chelsea akan bermain dan menghentikan umpan-umpan kecil yang mereka berikan kepada Jorginho dan Loftus-Cheek melalui tengah lapangan, jadi kami sadar akan hal itu."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tiga Pemain Gelandang yang Observatif

Chelsea dan Manchester United Berbagi Poin di Stamford Bridge
Perbesar
Gelandang Manchester United, Scott McTominay mengumpan bola saat bertanding melawan Chelsea pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di di stadion Stamford Bridge, London, Senin (29/11/2021). Chelsea bermain imbang atas MU 1-1. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

United mencatatkan penguasaan bola hanya sebanyak 34% meski menurunkan lebih banyak gelandang tengah daripada Chelsea yang hanya gagal memenangkan tiga dari 12 pertandingan Liga Premier sebelumnya musim ini.

Carrick telah memilih McTominay dan Fred, kemitraan yang dicemooh oleh bagian dari penggemar United di kedua pertandingannya selama seminggu terakhir. Kedua pemain ini bersama dengan Matic membuat kesan yang baik setelah mereka membatasi kreativitas bermain Chelsea.

"Saya pikir tiga [gelandang] itu fantastis, mereka datang dari tiga depan, menebak-nebak ke mana bola akan pergi. Mereka punya ruang ekstra utnuk ditutup, jadi kami mencoba membuatnya semudah yang kami prediksi bisa memaksa mereka ke ruang dan jalan tertentu. Saya pikir Nema, Scott, dan Fred adalah laci teratas."

"Mereka bertiga hebat," katanya merujuk pada trio gelandang tersebut.

 

Penulis: Anastasia Merlinda

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis transfer MU - November 2021

Infografis transfer MU - November 2021
Perbesar
Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya