Ronaldo Jadi Cadangan dalam Laga Kontra Chelsea, Ini Alasan Manajer Sementara MU

Oleh Liputan6.com pada 29 Nov 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 14:54 WIB
Chelsea vs Manchester United
Perbesar
Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo, memprotes wasit yang memimpin duel Liga Inggris di markas Chelsea, Stamford Bridge, Minggu (28/11/2021). (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Liputan6.com, Jakarta Bintang Manchester United (MU) Cristiano Ronaldo ditempatkan sebagai cadangan dalam pertandingan pekan ke-13 Liga Inggris antara Setan Merah melawan Chelsea pada Minggu (28/11/2021). Berlaga di Stamford Bridge, MU bermain imbang 1–1 dengan pasukan Thomas Tuchel.

Meski tak menelan kekalahan, ketidakhadiran Ronaldo dalam starting XI Manchester United rupanya tetap menuai perhatian publik. Pasalnya, CR7 kerap kali menjelma menjadi andalan dan penyelamat bagi Setan Merah.

Manajer sementara MU Michael Carrick punya alasan sendiri terkait keputusan ini. Melansir Metro, Carrick menilai sejumlah penyesuaian diperlukan untuk menyegarkan skuadnya.

“(Ini adalah) beberapa penyesuaian dan perubahan yang bisa menyegarkan segalanya. Anthony (Martial), Donny (van de Beek), dan Cristiano Ronaldo adalah nama-nama menonjol (yang menghuni bangku cadangan),” ujar Carrick, dikutip dari Metro.

Lebih lanjut, Carrick juga mengeklaim dirinya telah berbicara dengan CR7 soal keputusan memulai dari bangku cadangan. Menurutnya, tak ada ada masalah dalam perbincangannya dengan Ronaldo.

“Saya telah mengobrol dengan baik bersama Cristiano, dan dia baik-baik saja,” pungkas manajer berusia 40 tahun tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Empat Perubahan

Chelsea dan Manchester United Berbagi Poin di Stamford Bridge
Perbesar
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford mengumpan bola dari kawalan dua pemain Chelsea Reece James, dan Trevoh Chalobah selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di di stadion Stamford Bridge, London, Senin (29/11/2021). Chelsea bermain imbang atas MU 1-1. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Carrick diketahui membuat empat perubahan dalam skuadnya, jika dibandingkan dengan pertandingan Liga Champions kontra Villarreal beberapa hari lalu. Dalam laga melawan Chelsea, pemain Timnas Inggris Marcus Rashford masuk sebagai starter.

Burno Fernandes juga ditempatkan dalam susunan pemain awal ketika bertandang ke markas The Blues di Stamford Bridge. Donny van de Beek, yang mencetak gol dalam laga melawan Watford, kembali ke bangku cadangan, sementara Nemanja Matic, Fred, dan Scott McTominay turun sebagai starting XI.

Dikutip dari Metro, Eric Bailly pun ikut menjadi starter untuk menggantikan Harry Maguire yang harus absen dalam laga tandang MU, setelah diusir keluar lapangan dalam pertandingan Liga Premier di Vicarage Road.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bukan yang Pertama

Foto: Cristiano Ronaldo Tidak Starter, Manchester United Ditahan Imbang 1-1 Everton di Liga Inggris
Perbesar
Manchester United harus puas meraih hasil imbang 1-1 saat menjamu Everton dalam laga pekan ke-7 Liga Inggris 2021/2022, Sabtu (2/10/2021). Cristiano Ronaldo, penentu kemenangan saat mengalahkan Villarreal di Liga Champions baru dimasukkan Solskjaer pada babak kedua. (AP/Dave Thompson)

Ini bukanlah kali pertama Ronaldo memulai dari bangku cadangan. Sebelumnya, eks manajer MU Ole Gunnar Solskjaer pernah mencadangkan Ronaldo ketika skuadnya menjamu Everton pada 2 Oktober 2021. Setan Merah juga bermain imbang 1–1 dengan tim tamu kala itu.

Meski demikian, mantan bek Inggris Stephen Warnock mendukung keputusan Carrick yang membiarkan legenda Portugal menghuni bangku cadangan sementara waktu. Pendapat ini disampaikannya kepada BBC Radio 5 Live, seperti dilansir dari Metro.

“Saya pikir itu hal yang tepat (untuk meninggalkan Ronaldo di bangku cadangan). Anda paham bagaimana Ronaldo dan pemain seperti apa dirinya, tetapi dia tidak akan menekan. Dia akan memainkan peran kecil dalam pertandingan dan mungkin mencetak gol lewat serangan balik.”

“Saya yakin rencana (manajer) adalah mempertahankannya selama 60 atau 70 menit, kemudian menurunkan Ronaldo dalam pemainan, dengan harapan ia bisa mendapatkan gol itu,” pungkas Warnock, dikutip dari Metro.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya