Manajer Sementara MU Usulkan Perubahan Posisi Donny van de Beek

Oleh Liputan6.com pada 28 Nov 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 28 Nov 2021, 16:00 WIB
Foto: 5 Pemain yang Akan Unjuk Gigi usai Ole Cabut dari Manchester United
Perbesar
Donny van de Beek dibeli Manchester United dari Ajax Amsterdam sehargan 39 juta euro pada 2020 lalu. Sayangnya, ia jarang dimainkan oleh Ole. Van de Beek tercatat hanya mampu tampil 6 kali pada musim ini dan hanya mencetak satu gol, yaitu gol ke gawang Watford sebelum Ole dipecat. (AFP/Matt Dunham)

Liputan6.com, Manchester - Donny van de Beek menjadi starter saat Manchester United melawan Villarreal pada matchday kelima Grup F Liga Champions, Rabu (24/11/2021) lalu. Melansir SportBible, pemain timnas Belanda tersebut bermain di lini tengah bersama Fred dan Scott McTominay.

Bermain tandang, MU sukses memenangkan laga dengan skor akhir 2–0 berkat gol Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho. Hasil ini memastikan Setan Merah lolos ke babak 16 besar.

Sebelum laga kontra Villarreal, van de Beek baru dua kali menjadi starter Man Utd di semua kompetisi musim ini. Pemain berusia 24 tahun tersebut lebih sering menghuni bangku cadangan ketika berada di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Terlepas dari hal itu, manajer sementara MU Michael Carrick memuji sifat van de Beek yang dinilai serbaguna. Caretaker asal Inggris itu pun percaya van de Beek dapat bermain sebagai false nine untuk Manchester United.

Sejalan dengan pendapat Carrick, Mirror menyebut fleksibilitas Donny van de Beek juga bisa menjadi nilai tambah. Hal itu mengingat MU mulai bergerak dengan formasi berbeda musim ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Komentar Carrick

Pesepak Bola Top Dunia yang Pernah Menjadi Anak Gawang
Perbesar
Donny van de Beek - Gelandang Manchester United pernah mengemban tugas sebagai anak gawang saat menjalani pendidikan sepak bola di Ajax Amsterdam. Van de Beek kecil yang saat itu sempat berfoto dengan Luis Suarez yang merupakan salah satu pemain idolanya. (AFP/Martin Rickett/Pool)

"Kami sudah punya ide di mana Donny (van de Beek) paling cocok (ditempatkan). Dia sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dengan dua atau tiga posisi," ujar Carrick kepada media dalam konferensi pers jelang pertandingan melawan Chelsea akhir pekan ini seperti dilansir SportBible.

"Ia bahkan bermain sebagai false nine untuk Ajax di Liga Champions, ketika mereka akhirnya kalah dari Tottenham. Kami sudah punya ide untuknya, tetapi menjadi (pemain yang) fleksibel adalah kekuatan sekaligus penghargaan atas apa yang ia bawa bagi tim," sambung Carrick.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Van de Beek dan Solskjaer

FOTO: Manchester United Babak Belur Dihajar Watford
Perbesar
Reaksi Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer (tengah) dan pemain Manchester United Donny van de Beek (kanan) usai kalah dari Watford pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Vicarage Road, Watford, Inggris, 20 November, 2021. Watford menang 4-1. (AP Photo/Frank Augstein)

Van de Beek tercatat sempat turun menggantikan Scott McTominay dalam laga terakhir Solskjaer bersama MU. Bertanding melawan Watford, Van de Beek jadi satu-satunya pencetak gol Setan Merah kala itu.

Sayangnya, capaian tersebut belum cukup membawa MU menang atas Watford. Skuad Solskjaer kalah 1–4 dari The Hornets hingga membuat sang manajer kehilangan pekerjaannya.

Kabar menyebut Donny van de Beek berpotensi meninggalkan Old Trafford pada jendela transfer Januari mendatang. Akan tetapi, kehadiran Ralf Rangnick sebagai manajer interim Setan Merah nampaknya bakal memperpanjang karier sang pemain di MU.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya