Sukses

Daftar Pelatih Tersukses Selama Gelaran Ajang Piala AFF

Sederet pelatih top pernah merasakan beradu strategi dalam ajang Piala AFF. Bahkan, sebagian dari mereka pernah sukses membawa tim nya menjadi kampiun dalam gelaran tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Sederet pelatih top pernah merasakan beradu strategi dalam ajang Piala AFF. Bahkan, beberapa diantaranya pernah sukses membawa tim yang mereka asuh menjadi superior dalam gelaran tersebut.

Misalnya, Tim Nasional (Timnas) Thailand ditangani Milovan Rajevac, pelatih yang pernah membawa Ghana menembus perempatfinal Piala Dunia 2010. Kemudian, Filipina dibesut juru taktik sekaliber Sven-Goran Eriksson, pelatih yang sukses besar saat berkarier di Italia dan Inggris dan masih banyak lagi.

Namun, terlepas dari pelatih top yang berkarier di Asia Tenggara tersebut, hanya ada beberapa pelatih yang sukses meraih jumlah trofi terbanyak dalam ajang Piala AFF. Berikut sederet nama pelatih yang sukses dalam ajang Piala AFF:

1. Radjoko Avramovic

Pelatih asal Serbia itu merupakan arsitek tim Singapura yang berhasil mempersembahkan tiga gelar juara. Menangani Timnas Singapura dari 2003 hingga 2012, Avramovic membawa Singapura menjuarai Piala AFF 2004, 2007, dan 2012.

Avramovic memang merupakan pelatih yang cukup berjasa bagi sepak bola Singapura. Kariernya yang cukup panjang bersama Singapura memang menjadi masa-masa keemasan tim tersebut. Ia mempersembahkan tiga gelar tersebut lewat enam percobaan, yakni dalam kurun 2002-2012.

Tiga gelar juara Piala AFF adalah bukti Radjoko Avramovic adalah pelatih bertangan dingin yang sangat cocok menangani Singapura hingga mampu menjadi pemenang.

Kepergian Avramovic di pengujung 2012 membuat performa Singapura terjun bebas. Terbukti, pada dua penyelenggaraan Piala AFF terkini (2014 dan 2016), Singapura gagal lolos dari fase grup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Peter Withe

Kemudian, membuntuti di bawah Avramovic ialah dua pelatih yang pernah membawa Thailand berjaya di Piala AFF, yakni Peter Withe. Bersama Thailand, ia sukses menjadikan tim Gajah Putih raja di Asia Tenggara. Dia melahirkan banyak pemain hebat yang menjadi legenda di kemudian hari.

Sebut saja Kiatisuk Senamuang, Worrawoot Srimaka, Sakda Joemdee, Pipat Thonkanya, Tawan Sripan, Sutee Suksomkit, hingga Therdsak Chaiman.

Generasi millenium baru itu lantas berhasil membawa Thailand tampil di Piala Asia 2000 serta menjuarai Piala Tiger (Piala AFF) 2000 dan 2002.

Dua gelar yang diraih Thailand semuanya didapat setelah menundukkan Indonesia di partai pamungkas. Entah di Bangkok atau Jakarta, Withe sukses membuat para pemain Thailand memiliki mental baja.

 

3 dari 3 halaman

3. Kiatisuk Senamuang

Thailand berhasil menjuarai Piala AFF secara berturut-turut pada tahun 2014 dan 2016 di bawah pelatih Kiatisuk Senamuang.

Pada tahun 2016, Kiatisuk dan anak asuhnya menjadi juara usai mengalahkan Timnas Indonesia di laga puncak.

Selain itu, dirinya juga mencatatkan rasio kemenangan yang cukup baik, yaitu 51,2 persen dalam 43 laga.

(sumber: theasseanfootball)

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.