Sukses

Hasil BRI Liga 1: Hugo Gomes Bawa Madura United Bungkam Persik Kediri

Hugo Gomes berhasil menjadi mimpi buruk Persik kala dirinya mencatatkan dua gol pada pertandingan tersebut, masing-masing di menit ke-8 dan menit ke-53.

Liputan6.com, Jakarta - Duel antar tim Jawa Timur kembali terjadi di pekan ke-13 BRI Liga 1 2021/2022. Madura United sukses memetik kemenangan atas Persik Kediri dengan skor 2-0 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (24/11/2021).

Hugo Gomes berhasil menjadi mimpi buruk Persik kala dirinya mencatatkan dua gol pada pertandingan tersebut, masing-masing di menit ke-8 dan menit ke-53.

Di menit awal babak pertama, Persik Kediri memulai pertandingan dengan langsung menyerang pertahanan Madura United.

Namun, Madura United langsung balik menyerang dari sisi kiri hingga tendangan bebas didapatkan. Tetapi, tendangan dari luar kota penalti oleh Slamet Nurcahyo masih terlalu melebar ke sisi kiri gawang yang di jaga Dikri Yusron.

Memasuki menit ke-6 Persik Kediri mencoba keluar dari tekanan. Akan tetapi, Aldi Claudio justru membuat kesalahan fatal dengan menarik jersey Slamet Nurcahyo tepat di kotak penalti.

Alhasil membuat wasit menghadiahi Aldo kartu kuning sekaligus tendangan pinalti untuk Madura United.

Madura United tak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas. Melalui sepakan Hugo Gomes, Madura United berhasil membuka skor dan unggul 1-0 pada menit ke-8 pertandingan.

Merasa tertinggal, para pemain Persik Kediri pun mulai bangkit dengan melesatkan serangan bertubi-tubi ke garis pertahanan Madura United.

Peluang sempat didapatkan tim berjuluk Macan Putih itu melalui tendangan langsung dari sisi kiri yang dilakukan Septian Bagaskara. Namun, bola yang ditendang ke arah gawang M Ridho masih mengenai pagar hidup dari Madura United.

Persik pun kembali mendapatkan peluang lagi melalui tendangan pojok. Namun, bola masih jauh melebar ke sisi kiri gawang.

Tim asuhan Javier Roca tak menghentikan serangan bertubi-tubi ke arah gawang M Ridho. Namun, pertahanan Madura United masih begitu kokoh sehingga lawan kesulitan menembus gawang M Ridho.

Memasuki menit ke-30, Madura United harus kehilangan pemainnya karena Kim Ji-sung  mengalami benturan dengan Septian Bagaskara sehingga membuat pelipisnya terluka. Madura United lalu menarik keluar Kim Ji-Sung dengan memasukkan Kadek Raditya.

Setelah pergantian tersebut, peluang demi peluang pun terus diciptakan oleh para pemain Persik Kediri, tetapi tak ada peluang yang berhasil dikonversikan menjadi gol.

Macan Putih tak mengendorkan serangan hingga menit ke- 43, akan tetapi pertahanan solid Madura United masih tak dapat dibobol oleh tim asuhan Javier Roca tersebut.

Dipenghujung babak pertama, wasit memberikan tambahan waktu tiga menit. Akan tetapi, hingga turun minum kedua tim tidak ada yang mampu menciptakan gol tambahan. Skor 1-0 untuk Madura United menutup jalannya babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Persik kian gencar mengejar ketertinggalan. Kendati demikian, justru Madura United yang mampu menggandakan keunggulan.

Di menit ke-53, Hugo Gomes kembali menjadi aktornya. Eks penggawa Timnas Brasil U-20 itu mencetak gol cantik melalui tendangan bebas yang tidak mampu ditepis oleh penjaga gawang Persik Kediri.

Lima menit berselang, Persik nyaris mencetak gol. Doinatan Machado melepaskan tendangan bebas dari jarak dekat yang akurat, namun mampu ditepis M Ridho.

Pada menit ke-75, Madura United nyaris mencetak gol ketiganya. Slamet Nurcahyo menusuk sisi kiri pertahanan Persik, lalu melepaskan sepakan keras. Namun sayang, bola tersebut masih membentur mistar gawang.

Persik kembali mendapatkan peluang pada menit ke-90+1 tepat di depan gawang. Melalui tendangan bebas yang dilakukan Risna Prahalabenta yang tepat mengenai Youssef. Tetapi Persik gagal mencetak gol.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada lagi tambahan gol yang tercipta dari kedua kesebelasan. Madura United berhasil mengakhiri pertandingan dengan kemenangan atas Persik Kediri dengan skor 2-0.

Tambahan tiga poin membuat Madura United menduduki posisi ke-12 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan koleksi 14 poin.  Laskar Sape Kerrab memaksa Persikabo, Barito Putera, dan Persela Lamongan turun satu peringkat.

Sedangkan, Tim Macan Putih semakin terpuruk mendekati zona degradasi bersama Persipura dan Persiraja. Anak asuh Javier Roca tersebut hanya membukukan sepuluh poin dan berada di urutan ke-16 klasemen sementara BRI Liga 1.

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Madura United (5-2-3):  M Ridho, Dodi Alexvan Djin, Jaime Xavier, Kim Jin-sung, Andik Rendika, Asep Berlian, Hugo Gomes, Haris Tuharea, Slamet Nurcahyo, David Laly, Silvio Escobar.

Cadangan: Fawad Ansory, M Ridwan, Muhammad Rizki Kusni, Alfin Ismali Tuasalamony, Kadek Raditya Maheswara, Novan Setya Sasongko, Guntur Ariyadi, Moch Kevy Syahertian, Bayu Gatra, Sansan Fauzi.

Pelatih: Fabio Araujo Lefundes

 

Persik Kediri (3-4-3): Dikri Yusron; Dany Saputra, Arthur Silva, Aldo Claudio; Agil Munawar (Ibrahim Sanjaya 45+7'), Dionatan Machado, Bayu Otto; Septian Bagaskara, Ady Eko Jayanto, Antoni Putro Nugroho, Youssef Ezzejjari

Cadangan: Dian Agus, Andri Ibo, Ibrahim Sanjaya, Risna Prahalabenta, Bagas Satrio Nugroho, Eka Sama Adi, Faris Aditama, Yusuf Meilana Fuad, Hariyanto S Panto, Muhamad Ridwan

Pelatih: Javier Roca

 

Penulis: Rafi Abdul Rochim

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2021/2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.