Sukses

Toprak Razgatlioglu Juara Dunia WSBK 2021, Pujian dan Euforia Warga Indonesia Masih Berlanjut

Sukses Toprak Razgatlioglu menjadi juara dunia WSBK 2021 masih menjadi pembicaraan warga meski balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, usai digelar.

Liputan6.com, Lombok - Rangkaian balapan World Superbike atau WSBK 2021 telah selesai digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, 21 November lalu. Namun, masih menyisakan euforia di warga dan para fans.

Hingga kini, perbincangan soal WSBK Mandalika masih berseliweran. Tidak hanya di media sosial, namun juga dibicarakan dari warung kopi hingga restaurant.

Pembicaraan lebih banyak tentang Toprak Razgatlioglu. Pembalap Pata Yamaha asal Turki itu ialah juara dunia WSBK tahun ini.

"Asyik juga ya balap kemarin, Toprak keren. Bayangkan saja, dia baru masuk di WSBK dan bisa juara dunia mengalahkan pembalap Kawasaki yang sudah enam kali juara," kata Rian, warga Ampenan, Lombok, saat berbincang dengan Liputan6 di warung kopi Pinggir pantai, Selasa (23/11/2021)

Hal senada disampaikan Taufik. Warga Sesela ini melihat Toprak sebagai talenta baru di dunia balap motor. Apalagi, dia adalah muslim yang taat. Ini terlihat saat Toprak tidak ikut selebrasi dengan minuman beralkohol saat merayakan kemenangan.

Ia bahkan menyebut Toprak adalah sosok yang akan mendunia dan mengangkat WSBK seperti halnya Khabib Nurmagomedov di UFC. Petarung asal Dagestan, Rusia, tersebut menghebohkan dunia karena meyerang Dillon Danis usai mengalahkan Conor Mc Gregor di UFC 229.

"Khabib sukses mengangkat nama UFC dengan kepiawaiannya bertanding, fansnya mulai banyak setelah melawan Mc Gregor. Setelah pensiun, ia menjadi pelatih dan mempersiapkan juara baru seperti Islam Makachev, Osman Nurmagomedov dan lain lain. Toprak pun begitu, ia akan menjadi sangat terkenal," ucap Taufik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pujian di media sosial

Sementara di media sosial, akun Toprak panen pujian sesaat setelah dinobatkan sebagai Juara Dunia WSBK 2021. Pujian didominasi oleh para netizen Indonesia, khususnya Lombok.

Mereka memberikan selamat dan berharap pada WSBK 2022 Toprak menjadi Juara Dunia lagi. Tak tanggung tanggung, bahkan ada netizen yang menyebut kemenangan Toprak adalah berkah setelah foto viralnya ikut memotong rumput bersama petani Lombok atau dalam bahasa sasaknya 'Ngarit'.

"Berkah ngarit bersama warga makanya bisa juara dunia," kata akun @nanang_phrgphy yang dibalas dengan emot girang para netizen lainnya.

Meski begitu, kebanyakan para Netizen memberikan selamat dengan embel embel makanan khas Jakarta yang hampir mirip seperti namanya, yaitu Ketoprak. "Congrats @toprak_tr54…. Don’t forget to try Indonesia’s food which called “ketoprak” before you left Indonesia," tulis akun estervris.

Padahal jika diartikan, Toprak adalah bahasa Turki yang berarti Bumi dan tak ada hubungannya dengan makanan.

Keberadaan dan anugerah yang diterima Toprak sebagai Juara Dunia WSBk juga terlihat dari antusiasme penonton dari Tribun dan Paddock sirkuit Mandalika. Terlebih saat penundaan balapan ke dua yang tertunda akibat hujan deras.

 

3 dari 3 halaman

Menyapa penonton

Pantauan Liputan6.com, sekitar 45 menit setelah balapan ke dua (race 2) ditunda, Toprak keluar dari garasinya dan pergi ke pagar pembatas track. Dengan kostum balapnya, ia kemudian menyapa para penonton yang berada di tribun. Spontan, para penonton bersorak ria dibarengi tepuk tangan dan yel yel 'Toprak, Toprak'

Sementara dari paddock, awak Media nasional dan internasional tampak lalu lalang mengabadikan moment Toprak menyapa penonton tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.