Sukses

5 Sosok Ini Jadi Kandidat Manajer Baru MU, Ronaldo Malah Punya Pilihan Sendiri

Enrique dinilai Ronaldo pantas menggantikan manajer MU sebelumnya Solskjaer yang telah resmi dibebaskan dari tugasnya di Old Trafford

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU sudah resmi memecat Ole Gunnar Solskjaer dari jabatanya sebagai manajer. Keputusan ini diumumkan MU lewat akun instagram resmi mereka.

"Manchester United dapat mengonfirmasi bahwa Ole Gunnar Solskjaer meninggalkan posisinya sebagai manajer. Terima kasih untuk semuanya," demikian pernyataan resmi MU.

Jurnalis Italia, Fabrizio Romano, menyebut posisi Solskjaer sementara akan diisi Michael Carrick. Manajemen MU akan mencoba mencari manajer interim yang akan menjabat hingga akhir musim.

"Carrick akan menjabat untuk beberapa pertandingan ke depan. Di saat bersamaan, MU mencari manajer interim yang akan menjabat hingga akhir musim," tulis Romano di akun twitternya.

Di sisi lain, pelatih Leicester City Brendan Rodgers, Erik Ten Hag, pelatih Ajax. Kemudian, Mauricio Pochettino dari Paris Saint-Germain, Julen Lopetegui dari Sevilla dan Zinedine Zidane semuanya telah dikaitkan dengan posisi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lebih Pantas

Namun, bintang MU, Cristiano Ronaldo, dilaporkan tertarik pada manajer Spanyol Luis Enrique untuk menjadi manajer permanen klub berikutnya.

Enrique dinilai Ronaldo pantas menggantikan Solskjaer yang telah resmi dibebaskan dari tugasnya di Old Trafford setelah kekalahan 1-4 di kandang Watford di laga lanjutan Liga Inggris, Sabtu kemarin, 20 November 2021.

Pemain asal Portugal itu percaya bahwa pelatih berusia 51 tahun itu adalah pelatih yang tepat untuk mengambil pekerjaan itu.

3 dari 5 halaman

Karier

Enrique memulai karier manajerialnya di Barcelona B sebelum mengambil alih Roma dan Celta Vigo sebelum kembali ke Camp Nou pada tahun 2014.

Pelatih Spanyol itu memimpin raksasa Catalan meraih dua gelar La Liga, tiga mahkota Copa del Rey dan Liga Champions selama periode yang sangat sukses. Dia juga membawa Spanyol ke semi-final Euro 2020 dan tempat runner-up di UEFA 2020-21 Liga Bangsa-Bangsa.

4 dari 5 halaman

Kekalahan ke-5

Pemecatan Solskjaer sejatinya sudah diprediksi banyak pihak. Pasalnya, MU kalah 1-4 dari Watford pada lanjutan Liga Inggris, Sabtu (20/11/2021) malam WIB.

Kekalahan tersebut merupakan yang ke-5 di musim ini bagi MU. Sebelumnya, Cristiano Ronaldo dkk. takluk dari Manchester City (0-2), Liverpool (0-5), Leicester City (2-4), dan Aston Villa (0-1).

5 dari 5 halaman

Tuai Kritik

Saat menukangi MU, Solskjaer banyak menuai kritik lantaran dianggap minim taktik. Ia juga disorot karena tak kunjung memberi kesempatan kepada gelandang muda MU, Donny van de Beek.

Solskjaer masuk ke MU menggantikan Jose Mourinho pada Maret 2019. Dari 168 pertandingan, manajer berusia 48 tahun itu menang 91 kali, imbang 37 kali, dan kalah 40 kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • Zinedine Zidane merupakan eks pemain sekaligus legenda Real Madrid yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Los Blancos
    Zinedine Zidane merupakan eks pemain sekaligus legenda Real Madrid yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Los Blancos

    Zinedine Zidane

  • Ronaldo

  • Solskjaer

  • Berita Bola