Sukses

Hujan Deras, Race 1 WSBK Mandalika 2021 Ditunda Satu Jam

Race 1 WSBK Mandalika terpaksa ditunda karena hujan deras yang mengguyur di sirkuit kebanggaan warga Lombok dan Indonesia ini.

Liputan6.com, Lombok- Hujan deras melanda sebagian besar daerah yang ada di Lombok. Ini membuat pergelaran seri terakhir World Superbike atau WSBK Mandalika 2021 yang memperebutkan poin penting ditunda satu jam. Informasi ini keluar langsung dari penyelenggara WSBK.

"Jadwal race 1 akan ditentukan lagi pada pukul 16.00 Lombok time (pukul 15.00 WIB)," tulis penyelenggara di akun twitter WSBK.

Pantauan langsung dari Sirkuit, hujan deras terus menerus mengguyur track Sirkuit saat seluruh pembalap sedang bersiap siap mengikuti balapan.

Para Crew dan Pembalap kemudian meninggalkan start race dan kembali ke Paddock (Garasi) masing masing pembalap. Penonton yang berada di tribun pun bersorak melihat para pembalap yang meninggalkan Pole Position.

Sebelumnya, Komandan Korem 162 Wira Bhakti , Ahmad Rizal mengatakan bahwa pihak TNI AU telah melaksanan rekayasa hujan secara ilmiah dengan cara menaburkan garam di awan. Tujuannya agar hujan tidak mengguyur lokasi sirkuit

"Rekayasa ini biasa digunakan oleh AU dengan dibawa garam ditabur di atas awan dengan alasan jika ditabur, awan yang membawa hujan sebelum bergeser ke sirkuit , sudah jatuh duluan. Ini namanya rekayasa hujan atau mdoofikasi cuaca, mudah-mudahan cuaca terus sepeti ini," kata Ahmad Rijal, Sabtu 20 November 2021 atau beberapa jam sebelum hujan turun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Hujan

 

Namun sayang, hujan deras malah turun di lokasi sirkuit dan menyebabkan balapan Race pertama WSBK tertunda.

Untuk diketahui Race pertama WSBK dijadwalkan akan digelar hari ini, Sabtu 20 November 2021 pukul 16.00 Wita. Balapan kali ini akan memperebutkan 25 Point. Sebelumnya, pada pukul 11.35, para pembalap ini berlaga di World Superpole untuk penentuan Pole Position.

Hasilnya Toprak Razgatioglu, Pembalap PATA Yamaha asal Turki menjadi yang tercepat. Ini membuat Toprak berpeluang besar untuk merebut juara di WSBK 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • WSBK atau akrab dikenal World Superbike merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    WSBK atau akrab dikenal World Superbike merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia

    WSBK

  • Superbike atau akrab dikenal World Superbike (WSBK) merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    Superbike atau akrab dikenal World Superbike (WSBK) merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia

    Superbike

  • Sirkuit Mandalika adalah sirkuit balap bertaraf internasional yang terletak di Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
    Sirkuit Mandalika adalah sirkuit balap bertaraf internasional yang terletak di Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

    Sirkuit Mandalika

  • World Superbike (WSBK) Mandalika adalah event balap motor yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok
    World Superbike (WSBK) Mandalika adalah event balap motor yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok

    WSBK Mandalika

  • WSBK Mandalika 2021

  • Lombok

  • TNI AU