Sukses

Vietnam Ingin Jadikan Piala AFF Pelampiasan, Timnas Indonesia Harus Waspada!

Timnas Vietnam ingin menjadikan lawan-lawan di Piala AFF 2020 sebagai pelampiasan setelah hancur lebur di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Vietnam ingin menjadikan lawan-lawan di Piala AFF 2020 sebagai pelampiasan setelah hancur lebur di kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia termasuk salah satu incaran.

Dalam dua pertandingan, skuad asuhan Park Hang-seo itu selalu menelan kekalahan dari Jepang dan Arab Saudi dengan skor 0-1. Hasil tersebut semakin membuat Vietnam terdampar di dasar klasemen dengan tanpa poin dari enam laga.

Hasil mengecewakan di kualifikasi Piala Dunia 2022 membuat Vietnam kecewa. Terlebih lagi, mereka sejatinya tampil cukup baik di pertandingan terakhir melawan Arab Saudi.

Melansir media lokal Vietnam Zingnews, Park Hang-seo menegaskan siap tampil habis-habisan di Piala AFF. Termasuk menghancurkan Timnas Indonesia sekaligus menunjukan taring mereka di Asia.

"Setelah mengalami enam kekalahan beruntun, para pemain berada di bawah tekanan psikologis yang besar. Namun, mereka tidak menyerah, berusaha berjuang, bermain lebih baik setiap pertandingan. Saya berterima kasih kepada para pemain atas semangat mereka." ujar Park Hang-seo.

"Saya pikir mereka semakin baik. Kalah seperti itu membawa tekanan, tetapi juga membantu para pemain. Lain kali, tim pergi ke pelatihan lokal. Saya pikir dengan pengalaman seperti itu, para pemain akan dapat menunjukkan kemampuannya di masa mendatang. Piala AFF," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tekanan Pemain Timnas Vietnam

Gelandang Vietnam Phan Van Duc mengaku tengah mengalami tekanan karena gagal membawa negaranya meraih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia. Phan Van Duc ingin menjadikan Piala AFF untuk mendapatkan kembali performanya sebagai gelandang mematikan di wilayah Asia Tenggara.

"Sebenarnya, saya berada di bawah banyak tekanan akhir-akhir ini.Saya berjanji bahwa saya akan mencoba untuk berlatih dan berusaha untuk kembali ke puncak saya," ujar Phan Van Duc.

"Tujuan saya di Piala AFF berikutnya adalah untuk kembali bugar. Jika diberi kesempatan, saya akan berusaha sebaik mungkin untuk tidak mengecewakan pelatih dan rekan satu tim," pungkas gelandang Timnas Vietnam tersebut.

Di Piala AFF pada Desember 2021 mendatang, Vietnam tergabung di Grup B bersama dengan Indonesia, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

3 dari 3 halaman

Kembali Dipertemukan

Indonesia dan Vietnam akan kembali dipertemukan di ajang bergengsi Piala AFF yang digelar pada Desember 2021 mendatang. Sejak Vietnam dilatih oleh Park Hang-seo pada 2018 lalu, Indonesia tidak pernah sekalipun meraih kemenangan. Terakhir kali skuat Garuda dibabat dengan skor telak di kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Juni 2022 lalu.

Di sisi lain, Timnas Indonesia saat ini tengah menjalani pemusatan latihan dan serangkaian laga uji coba di Turki jelang Piala AFF 2020. Pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki akan berlangsung hingga 1 Desember mendatang.

Terbaru, Indonesia akan dijadwalkan kembali melakoni dua pertandingan uji coba di Turki. Dua pertandingan itu adalah melawan Timnas Myanmar pada Kamis (25/11/2021) dan juga menghadapi klub lokal Turki, Antalyaspor FC pada Minggu (28/11/2021).

 

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975

    vietnam

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Kualifikasi Piala Dunia 2022 telah berlangsung sejak tahun 2019 lalu dan kini telah memasuki babak kedua kualifikasi, khususnya di Zona Asia
    Kualifikasi Piala Dunia 2022 telah berlangsung sejak tahun 2019 lalu dan kini telah memasuki babak kedua kualifikasi, khususnya di Zona Asia

    Kualifikasi Piala Dunia 2022

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • AFF