Sukses

Ketahui Ukuran Lapangan Sepak Bola Menurut Standar FIFA dan PSSI

Simak penjelasan mengenai ukuran lapangan sepak bola menurut standar nasional dan internasional dalam artikel berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga terpopuler di dunia. Dilombakan dalam berbagai turnamen bergengsi, sepak bola sukses menjaring penggemar dari berbagai negara.

Tak hanya dipertandingkan dalam ajang internasional dan kejuaraan kelas dunia, cabang olahraga sepak bola juga kerap dipraktikkan dalam lingkup pendidikan maupun aktivitas hiburan sehari-hari.

Secara sederhana, sepak bola dimainkan di atas lapangan rumput oleh dua tim yang masing-masing terdiri atas sebelas orang. Tiap tim berusaha memasukkan bola ke gawang lawan. Tim yang paling banyak mencetak gol dalam durasi tertentu dinobatkan sebagai pemenang.

Meski tampak sederhana, sepak bola profesional memiliki berbagai aturan baku, mulai dari teknis pertandingan hingga ukuran lapangan. Standar ukuran lapangan sepak bola pun bisa jadi berbeda, tergantung organisasi yang menetapkan.

Di level internasional, sepak bola beroperasi di bawah naungan Federation Internationale de Football Association (FIFA). Sementara di Indonesia, sepak bola diatur oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Lantas, bagaimana standar ukuran lapangan sepak bola menurut kedua organisasi? Simak penjelasannya pada halaman selanjutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Standar FIFA

Lapangan sepak bola secara umum memiliki ukuran panjang sekitar 100 meter dan lebar 60 meter. Akan tetapi dalam pertandingan resmi, terdapat dimensi khusus yang ditetapkan oleh asosiasi sepak bola FIFA.

Melansir Football History, FIFA menetapkan aturan ketat terkait lapangan pertandingan untuk ajang sepak bola internasional. Lapangan yang digunakan harus memiliki panjang minimal 100 meter dan maksimal 110 meter, serta lebar minimal 64 meter dan maksimal 75 meter.

Kotak kiper dan area penalti pun memiliki aturan khusus. Adapun, panjang kotak kiper yang ditetapkan adalah 18,30 meter, sedangkan lebarnya 5,5 meter. Sementara itu, kotak penalti harus memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter.

Selanjutnya, lingkaran tengah dalam lapangan sepak bola memiliki radius 9,15 meter dan diameter dua kali lipatnya, yakni 18,30 meter.

3 dari 4 halaman

Ukuran Lapangan Klub Dunia

Dikutip dari Football History, klub-klub populer dunia umumnya menggunakan lapangan berukuran 105 x 65 meter. Selain memenuhi standar FIFA, ukuran ini juga merupakan dimensi yang direkomendasikan UEFA.

Sejumlah stadion terkenal yang diketahui mengadopsi ukuran lapangan tersebut adalah Camp Nou, Wembley, Old Trafford, Emirates, San Siro, Allianz Arena, Stamford Bridge, Tottenham Hotspur, hingga Anfield.

4 dari 4 halaman

Standar Nasional

Di level nasional, PSSI menetapkan ukuran lapangan yang umum digunakan untuk pertandingan dalam negeri. Ukuran tersebut sejaitnya sejalan dengan ketentuan FIFA, meski sedikit lebih kecil dibanding ukuran lapangan khusus pertandingan internasional.

Adapun, standar ukuran lapangan sepak bola yang ditetapkan PSSI harus memiliki panjang 90 meter sampai 120 meter dan lebar 45 meter sampai 90 meter. Kotak kiper memiliki panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter.

Sementara itu, kotak penalti panjangnya 40,3 meter dan lebarnya 16,5 meter. Untuk ukuran lingkaran tengah, standar PSSI sama dengan ketentuan FIFA, yakni memiliki radius 9,15 meter dan diameter 18,30 meter.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.