Sukses

Intip 5 Sirkuit Terbaik dalam Gelaran MotoGP

Sirkuit yang digunakan untuk ajang MotoGP harus memiliki aturan atau regulasi serta desain yang ditetapkan oleh pelaksana MotoGP seperti Dorna dan FIM (Federasi Motor International).

Liputan6.com, Jakarta - Sirkuit dalam MotoGP jadi panggung para pembalap untuk berkompetisi. Sirkuit digunakan untuk ajang MotoGP harus memiliki aturan atau regulasi serta desain yang ditetapkan oleh pelaksana MotoGP seperti Dorna dan FIM (Federasi Motor International).

Dilansir dari situs resmi FIM, Trek atau lintasan balapan yang masuk kedalam gelaran motogp harus memiliki standar tertentu seperti panjang dan lebar lintasan, tingkat kemanan, material aspal yang digunakan, sarana pendukung, pit stop, workshop, tempat penonton dan masih banyak lagi, paling tidak sudah memiliki standar internasional.

Beberapa sirkuit diajang MotoGP juga memiliki spot area yang memiliki karakteristik tersendiri, seperti tikungan kebanyakan kekiri, tikungan menurun, trek lurus dan zigzag. Apalagi, pada titik-titik tertentu sering terjadi crash atau jatuh saat balapan.

Hal yang menarik lagi adalah kondisi dan cuaca disetiap sirkuit berbeda beda seperti angin, kelembaban udara, curah hujan, dan temperatur atau suhu yang membuat seorang kepala mekanik motor harus tau mengenai pemilihan ban, settingan motor dan lain lain.

Namun, tahukah Anda lima sirkuit kelas atas yang masuk jajaran top dunia? Berikut dibawah ini profil sirkuit MotoGP terbaik dunia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Losail, Qatar

GP Qatar adalah salah satu sirkuit yang sangat spektakuler di kalendar acara balapan MotoGP. GP Qatar pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014, hingga saat ini masih menjadi tuan tuan rumah ajang balap motor MotoGP tersebut.

Balapan MotoGP di GP Qatar ini selalu diselenggarakan pada malam hari dengan menggunakan penerangan lampu disetiap lintasan, dikarenakan cuaca dan suhu di daerah Doha, Qatar sangat panas saat siang hari.

Panjang lintasan sirkuit GP Qatar 5,4km, dengan jumlah tingkungan 16, diantaranya adalah 6 tikungan ke kiri dan 10 tikungan ke kanan. Lap rekor tercepat sirtkuit/lap di pegang oleh Marc Marquez dengan catatan waktu 1'53.380.

Pembalap paling sukses menenangkan juara di sirkuit GP Qatar adalah Valentino Rossi sebanyak 4 kemenangan dan Casey Stoner sebanyak 4 kali kemenangan, bisa dibilang motor yamaha sangat kompetitif disirkuit ini.

Sirkuit Losail telah mendapatkan level homologasi tertinggi dari FIA (Lisensi Sirkuit Tingkat 1) dan FIM (Lisensi Sirkuit Tingkat A). Homologasi merupakan proses penilaian semua aspek balap terhadap standar yang telah ditentukan guna mendapatkan lisensi atau izin.

Homologasi meliputi banyak hal yang perlu dipertimbangkan sehingga event berlangsung aman terutama bagi pembalap.

3 dari 6 halaman

2. Jerez, Spanyol

Sirkuit Jerez merupakan lintasan balap yang terletak di kota Jerez de la Frontera, Cadiz, Andalusia, Spanyol. Sirkuit ini bisa dibilang merupakan mekahnya olahraga balap bagi para fansnya sejak sirkuit ini dibuka tahun 1985. 

Jerez menjadi tuan rumah gelaran balap MotoGP pertamanya di satu tahun kemudian, sirkuit Jerez menjadi salah satu tempat gelaran MotoGP paling populer. Sirkuit Jerez tempat populer yang digunakan oleh banyak tim untuk melakukan pengujian motor sepanjang tahun.

Sirkuit Jerez memilki lintasan sepanjang 4,4 km dengan 13 tikungan yang diantaranya terdiri dari 6 tikungan ke kiri dan 8 tikungan balik. Rekor lap tercepat dipegang oleh rider asal negara Prancis, Fabio Quartararo dengan catatan waktu 1'36.880 pada tahun 2019 menggunakan Yamaha Petronas SRT.

Pembalap paling sukses menenangkan juara di sirkuit Jerez adalah Valentino Rossi. Dirinya tercatat memetik sembilan kemenangan dalam tiga kelas balap berbeda di Sirkuit Jerez yakni pada 1997 di kelas 125cc, 1999 di 250cc, 2001, 2002, 2003, 2005, 2007, 2009 dan 2016 di kelas utama.

4 dari 6 halaman

3. Mugello, Italia

Pertama kali Mugello menjadi tuan rumah gelaran MotoGP pada tahun 1976. Sirkuit Mugello terletak di Italia Tengah, tepatnya di daerah kawasan Tuscan. Sirkuit Mugello merupakan sirkuit modern dengan berbagai fasilitas yang sangat baik. Pada tahun 1988 sirkuit ini dibeli oleh perushaan ternama yaitu Ferrari.

Panjang lintasan Sirkuit Mugello adalah 5,245 km, yang telah direnovasi dengan standar yang tinggi. Memiliki  13 tikungan, diantaranya 6 tikungan ke kiri dan 9 tikungan balik. Lebar lintasan 19m dan panjang trek lurus mencapai 1,141m. Lap rekor tercepat disirkuit Mugello di pegang oleh Marc Marquez dengan catatan waktu 1'45,519.

Sirkuit Italia tersebut merupkan sirkuit yang banyak difavorit kan para pembalap MotoGP kelas dunia. Pembalap yang paling sukses menjuarai sirkuit Mugello adalah Valentino Rossi sebanyak 7 kemenangan dan disusul Jorge Lorenzo sebanyak 6 kemenangan.

Menariknya, pembalap MotoGP Valentino Rossi dapat menggasak kemenangan di sirkuit MotoGP Mugello secara konsekutif alias beruntun. The Doctor begitu julukan Valentino Rossi jadi juara di sirkuit MotoGP Mugello dari musim 2002-2008.

5 dari 6 halaman

4. Sachsenring, Jerman

Sachsenring berdiri sejak tahun 1996, dan pertama kali digunakan sebagai lintasan MotoGP di tahun 1998. Sirkuit ini dikenal sebagai sirkuit yang mempunyai banyak tikungan yang cukup sempit.

Panjang Sachsenring hanya sekitar 3.7 km, dimana ukuran tersebut tergolong cukup pendek. Memiliki tikungan ke kiri sebanyak 10 tikungan dan 3 tikungan ke kanan.

Lebarnya tidak selebar Mugello, sirkuit ini hanya memiliki lebar 12 meter dan 700 meter untuk panjang trek lurusnya.

Catatan waktu tercepat pada sirkuit yang satu ini berhasil dipecahkan oleh Marc Marquez di tahun 2018, yaitu 1.20.270.

Selain itu, Marc Marquez juga merupakan rider yang memiliki kemenangan terbanyak pada lintasan ini, yaitu 7 kali kemenangan beruntun. Pembalap MotoGP Marc Marquez menjadi juara MotoGP Jerman di sirkuit Sachsenring rentang 2013-2019.

6 dari 6 halaman

5. Motegi, Jepang

Motegi adalah sirkuit milik negara Jepang yang dibuat oleh Honda dan mulai ikut ambil peran sebagai lintasan MotoGP sejak tahun 1999. Dengan Layout permanen, sirkuit Twin Ring ini dapat menampung sekitar 100.000 penonton.

Sirkuit Twin Ring Motegi, memiliki panjang 4.801 meter dan memiiki 14 tikungan: di antaranya 8 tikungan ke kanan dan 6 tikungan kiri.

Sirkuit Motegi dikenal sirkuit yang paling sulit di kalender balap MotoGP dalam hal pengereman. Para pembalap dituntut harus tetap bergerak disetiap putaran lap nya. dan setelah menyelesaikan balapan, total mereka menghabiskan waktu 13 menit hanya untuk mengerem dari total 45 menit balapan.

Rider tercepat pada lintasan yang satu ini adalah Jorge Lorenzo pada tahun 2015 dengan waktu 1.43.790, saat itu menggunakan motor dari pabrikan Yamaha.

Dani Pedrosa adalah pembalap paling sukses di sirkuit Motegi dengan meraih lima kemenangan, diantaranya 3 kali di Motogp, 1 kali di kelas 250 cc dan 1 kali di 125cc. Jorge Lorenzo dan Marc Marquez mengikutinya dengan masing-masing meraih 3 dan 4  kemenangan.

Selain itu, hanya pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang hingga saat ini bisa menang di Motegi di tiga kelas berbeda.

 

Sumber: Speedweek dan FIM

Penulis: Rafi A Rochim

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.