Sukses

Prancis dan Belgia Lolos Piala Dunia 2022

Prancis dan Belgia menyusul empat tim lain yang sudah mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Bertambah lagi tim yang mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022. Pada Minggu (14/11/2021) dini hari WIB, Prancis dan Belgia lolos ke Qatar lewat Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Kedua tim menyusul empat negara lain yang sudah lebih dulu dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 yakni tuan rumah Qatar, Jerman, Denmark dan Brasil. Total sudah enam tim yang lolos.

Prancis melaju setelah menang telak 8-0 atas Kazakhstan saat berlaga di Parc des Princes pada laga Grup D. Kylian Mbappe jadi bintang lapangan dengan memborong empat gol.

Tambahan tiga angka ini membuat Prancis dipastikan menjadi juara Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Mereka mengoleksi 15 poin, unggul empat dari Finlandia yang ada di posisi dua dengan tersisa satu laga lagi.

Prancis membuka pesta gol pada menit keenam melalui sontekan Mbappe setelah memanfaatkan kolaborasi Karim Benzema dan Theo Hernandez.

Enam menit kemudian Mbappe menggandakan keunggulan Prancis. Mbappe kali ini menyelesaikan umpan dari Kingsley Coman. Mbappe membuat hat-trick di menit 32 kali ini lewat sundulan yang lagi-lagi berkat umpan dari Coman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Meski sudah unggul tiga gol, Prancis tetap gaspol di babak kedua. Benzema ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 55 menyelesaikan umpan Theo. Benzema membuat gol keduanya pada menit 59 setelah melakukan kerjasama dengan Mbappe.

Pesta gol Prancis berlanjut pada menit 75. Gelandang Adrien Rabiot menambah penderitaan Kazakhstan dengan golnya usai meneruskan sepak pojok Antoine Griezmann.

Grizmann ikut membuat gol di menit 84 lewat eksekusi penalti. Pesta Prancis ditutup oleh gol keempat Mbappe di menit 87 meneruskan umpan Moussa Diaby.

3 dari 3 halaman

Belgia

Sementara itu Belgia lolos usai menang 3-1 atas Estonia di laga kedelapan Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Kemenangan ini membuat Belgia mengoleksi 19 poin dan takkan bisa dikelar Wales yang terpaut lima anga dan cuma tersisa satu laga.

Christian Benteke membuka gol kemenangan Belgia ke gawang Estonia. Benteke membuat gol di menit ke-11. Namun setelah itu Belgia kesulitan menambah gol.

Belgia baru bisa menggandakan skor di menit 53 melalui sepakan jarak jauh gelandang sayap Yannick Carrasco.

Estonia bisa memperkecil ketertinggalan melalui aksi Erik Sorga di menit 70. Belgia kembali menjauh empat menit kemudian setelah Thorgan Hazard menyelesaikan umpan dari Kevin de Bruyne.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.