Sukses

Marc Klok Kecewa Tak Bisa Bela Timnas Indonesia

Pemain asal Belanda tersebut kecewa karena belum bisa membela Garuda Senior di ajang Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Marc Klok kecewa karena belum dapat membela timnas Indonesia dalam waktu dekat. Pemain 28 tahun tersebut urung tampil di Piala AFF 2020 mendatang dikarenkan belum memenuhi persyaratan administrasi perpindahan asosiasi. PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia juga sudah memastikan bahwa Klok tidak bisa ikut gelaran Piala AFF 2020.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia akan berangkat pada 10 November sebagai persiapan Piala AFF yang akan digelar di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Total ada 26 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong. Besar kemungkinan skuad Timnas Indonesia di Piala AFF akan diisi oleh pemain-pemain yang ikut TC di Turki.

Klok sebenarnya sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 12 November 2020. Bahkan, ia sempat dipanggil dalam Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia pada pertengahan tahun 2021.

Tetapi, pemain asal Belanda tersebut mesti pulang karena menyambut kelahiran anaknya. Sejak saat itu, Klok tak pernah dipanggil Timnas Indonesia lagi, termasuk saat timnas Indonesia melakukan TC ke Turki.

Meski sudah menyandang status WNI, Marc Klok harus memenuhi sederet aturan FIFA untuk berseragam skuad Garuda. Pasal 7 Statuta FIFA mensyaratkan pemain yang ingin membela asosiasi di negara baru setidaknya tinggal selama lima tahun di sana. Namun, saat ini Klok baru sekitar empat tahun di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klok Buka Suara

Sadar dengan situasinya, Marc Klok pun buka suara di akun media sosial miliknya. Dilansir akun media sosial @marcklok10, da kecewa dan pasrah gagal tampil di Piala AFF meski sudah menantikannya.

"Beberapa hari lalu, saya menerima kabar bahwa saya belum bisa membela Timnas Garuda pada tahun ini. Dari hati yang paling dalam, saya cukup kecewa, karena sangat menantikan momen bermain di turnamen paling bergengsi Asia Tenggara akhir tahun ini," tulisnya di akun Twitter @marcklok10.

3 dari 3 halaman

Sejak 2017

"Tidak sedikit juga usaha yang telah dilakukan agar harapan dan mimpi saya secepatnya terwujud, semua dokumen pun telah siap. Tapi sayangnya keputusan mengatakan masih sebaliknya. Namun kabar baiknya adalah pada April 2022 mendatang, saya sudah bisa membela Timnas Indonesia dan itu hanya 6 BULAN saja untuk menunggu momennya" lanjut pria 28 tahun tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu proses ini. Terima kasih juga kepada teman-teman pendukung Garuda yang telah mendukung. Semoga saya bisa segera melihat diri saya kembali berseragam," ucap dia.

Perlu diketahui, Marc Klok tercatat berada di Indonesia sejak memperkuat PSM Makassar mulai April 2017 sehingga baru bisa memperkuat Timnas Indonesia setelah April 2022.

 

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Marc Klok merupakan pesepak bola naturalisasi asal Belanda yang kini bermain bersama Persija Jakarta dan Tim Nasional Indonesia
    Marc Klok merupakan pesepak bola naturalisasi asal Belanda yang kini bermain bersama Persija Jakarta dan Tim Nasional Indonesia

    Marc Klok

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • Piala AFF 2021 merupakan kompetisi sepak bola resmi antar negara-negara yang berada di Asia Tenggar edisi ke-13.
    Piala AFF 2021 merupakan kompetisi sepak bola resmi antar negara-negara yang berada di Asia Tenggar edisi ke-13.

    Piala AFF 2021

  • Timnas