Sukses

Nina Gusmita Torehkan Rekor Nasional di Peparnas XVI Papua 2021

Nina Gusmita berhasil pecahkan rekor nasional pada ajang Peparnas XVI Papua 2021

Liputan6.com, Jakarta Atlet balap kursi roda asal Sumatera Utara, Nina Gusmita, mengukir prestasi gemilang di ajang Peparnas XVI Papua. Nia memecahkan rekor nasional di Stadion Lukas Enembe, Selasa (9/11/2021).

Nina berhasil mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Dina Rulina asal Jawa Barat. Dina pernah mencatatkan waktu 21,92 detik pada Peparnas XV Jawa Barat 2016 lalu.

Sedangkan Nina Gusmita dengan ketangguhannya, ia berhasil melaju di atas lintasan dengan melampaui rekor Dina tersebut dengan catatan waktu 18,52 detik.

Selain dapat memecahkan rekor baru, hasil yang ditorehkan Nina juga berhasil mengantarkannya meraih medali emas untuk Sumatera Utara pada ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

Catatan waktu itu juga mengalahkan Novia Mawarni Ayu asal Papua yang catatkan waktu 20,59 detik dan harus puas berada di posisi kedua. Sementara itu, Putri Ayu Julianingsih asal Jawa Tengah bertengger di podium nomor tiga dengan catatan waktu 21,28 detik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman Berharga

Bagi atlet kelahiran Medan, 8 Agustus 1998 ini, turun ke lintasan balap kursi roda di Peparnas XVI merupakan pengalaman perdananya bertanding di skala nasional.

Dilansir dari seputarpapua.com, Nina Gusmita mulanya tidak memilki target yang berlebih dalam kompetisi olah raga yang diperuntukan bagi disabilitas tersebut. Namun, ia menekankan akan berusaha untuk tampil sebaik mungkin.

“Sebenarnya nggak ada target sih. Targetnya tampilkan yang terbaik saja,” ucap Nina usai pertandingan.

Namun, dalam event Peparnas XVI ini, pemain baru ini sudah berhasil memboyong dua emas di nomor balap kursi roda 100 meter dan 400 meter. Berikutnya, Nina masih akan turun lintasan pada nomor 200 meter.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini