Sukses

Barcelona Resmi Perkenalkan Pelatih Baru, Pep Guardiola Sambangi Camp Nou

Pep Guardiola diketahui datang langsung ke Camp Nou untuk melihat perkenalan Xavi sebagai pelatih anyar Blaugrana

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona secara resmi memperkenalkan pelatih baru Xavi Hernandez. Momen tersebut membuat Eks Pelatih Barcelona, Pep Guardiola datang langsung ke Camp Nou untuk melihatnya.

Xavi resmi menjabat sebagai pelatih mengisi kursi yang ditinggalkan Ronald Koeman. Ia dikontrak sebagai pelatih Barcelona sampai Juni 2024.

Sosok berusia 41 tahun itu sebelumnya merupakan mantan pemain Blaugrana di era 1998 sampai 2015. Kehadiran Xavi tentu diharapkan dapat mengembalikan semangat dan Tiki-Taka Blaugrana kembali berjaya.

Dilansir dari Marca, pulangnya Xavi ke Barcelona disambut dengan amat suka cita. Bukan hanya oleh para fans, termasuk juga para legenda Barcelona turut datang ke Camp Nou untuk melihatnya, Senin (8/11/2011).

Guardiola diketahui datang langsung ke Camp Nou untuk melihat perkenalan Xavi sebagai pelatih baru. Dirinya juga ikut berbaur dengan para petinggi klub, termasuk terlihat berbincang akrab dengan Presiden Joan Laporta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendapat Pep

Pep Guardiola tahu betul bagaimana kualitas Xavi. Bahkan, manajer Manchester City tersebut tak ragu menyebut Xavi punya kualitas untuk melatih Barcelona dan mampu membawa klub Catalan itu berjaya lagi.

"Xavi, jika benar-benar terjadi, saya akan meragukan kesiapannya mengambil pekerjaan itu. Dia sudah tahu lingkungannya, dan itu hal yang penting," ujar Guardiola belum lama ini.

"Dia paham sepak bola, dia punya gairah akan hal itu. Dia lebih berpengalaman ketimbang saat saya ditunjuk dulu (melatih Barcelona pada 2008). Koeman, Sergi (Barjuan, caretaker Barcelona), Xavi, dan saya tahu kalau kesuksesan tim bergantung pada rekrutmen dan para pemain."

"Orang-orang sering lupa, kami (pelatih) memang bertanggung jawab, tapi pengaruhnya lebih kecil dari yang orang percaya. Saya bisa sukses karena kualitas pemain yang saya punya. Xavi, jelas, dia pelatih bagus. Jika Xavi menjadi pelatih Barcelona berikutnya, saya berharap dia bisa sukses, dan semoga tim bisa bangkit secara perlahan," jelas Guardiola.

Penulis: Rafi A Rochim

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Pep Guardiola merupakan eks pemain sepak bola yang kini menggeluti dunia kepelatihan sepak bola
    Pep Guardiola merupakan eks pemain sepak bola yang kini menggeluti dunia kepelatihan sepak bola

    Pep Guardiola

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

  • Xavi