Sukses

Gonta-Ganti Pelatih, Barcelona Kehilangan 33 Juta Euro untuk Kompensasi

Dalam 4 setengah tahun terakhir, sudah lima pelatih yang bergantian menangani Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona kembali melakukan pergantian terhadap pelatihnya. Setelah memecat Ronald Koeman dua pekan lalu, Barcelona akhirnya mendekati mantan pemainnya, Xavi Hernandez sebagai penggantinya. 

Kehadiran Xavi tidak hanya membuka lembaran baru bagi pasukan Blaugrana yang saat ini tengah porak-poranda. Penunjukan mantan pemain timnas Spanyol itu sekaligus menambah panjang daftar pergantian pelatih yang dilakukan oleh Barcelona setidaknya dalam satu dekade terakhir. 

Seperti dilansir dari AS, penghuni kursi pelatih Barcelona di abad ke-21 adalah Frank Rijkaard. Pelatih asal Belanda tersebut dipercaya menangani Barca pada tahun 2003. Setelah lima tahun, pelatih asal Belanda itu kemudian digantikan oleh Pep Guardiola yang bertahan hingga tahun 2012. 

Tito Vilanova sempat dipercaya menggantikan Guardiola, tapi malang harus menyerah kepada penyakitnya. Sebelum meninggal tahun 2014, posisi Vilanova sempat digantikan oleh Gerardo Martino.

Luis Enrique kemudian menandatangani kontrak selama tiga tahun pada 2014. Setelah kontraknya berakhir, Enrique pun memutuskan menerima tawaran menangani timnas Spanyol. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kursi Panas Pelatih Barcelona

Kursi pelatih Barcelona mulai panas sejak era Ernesto Valverde. Meski sukses menghadirkan trofi bagi Barcelona, Valverde tidak mendapat kesempatan menyelesaikan kontraknya. Dia dipecat pada Januari 2020. Meski dengan Valverde ikhlas merelakan uang kompensasi yang seharusnya diterima di tahun terakhir, Barcelona tetap membayarkan 11 juta euro sebagai paket dalam pemutusan kontraknya.

Nasib yang dialami Valverde seakan menular ke pelatih-pelatih berikutnya. Dalam empat setengah tahun terakhir, setidaknya sudah lima kali tim asal Catalunya tersebut berganti-ganti pelatih.

Saat ini, Barcelona bakal ditangani oleh Xavi Hernandez. Xavi diboyong dari klub Al-Sadd.

Xavi kabarnya harus membayar 5 juta euro untuk membebaskan kontraknya sebagai pelatih tim asal Qatar itu. Kabarnya, uang ini nantinya akan diganti oleh Barcelona. Dengan demikian, dalam kurun waktu empat setengah tahun terakhir, Barca total mengeluarkan 33 juta euro atau setara Rp544 Miliar sebagai kompensasi. Seperti apa rinciannya, simak di halaman selanjutnya:

3 dari 3 halaman

Nilai Kompensasi Pelatih-Pelatih Barcelona

Ernesto Valverde (2017-2020): 11 juta euro

Quique Setién (2020): 4 juta euro

Ronald Koeman (2020-21): 13 juta euro

Xavi Hernandez (2021-...) : 5 juta euro (kompensasi pembebasan kontrak dari Al-Sadd)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.